EN ID

FKIK Undang Analisa Widyaningrum untuk Webinar Character Building kepada Mahasiswa Baru dan Umum

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

FKIK Undang Analisa Widyaningrum untuk Webinar Character Building kepada Mahasiswa Baru dan Umum

Sebagai penutup kegiatan Taaruf 2021, pada hari jumat (03/09/2021) pukul 14.30 WIB dilaksanakan kegiatan webinar dengan materi Character Building yang disampaikan oleh Psychology Enthusiast, autor buku, youtuber, sekaligus influencer terkenal, Analisa Widyaningrum M.Psi, Psikolog. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan live youtube Humas FKIK UIN Malang. Webinar yang dimoderatori oleh top 5 Safir Safirah Duta FKIK 2021 yaitu Usrin Amirawati, mendapat banyak antusias baik dari mahasiswa baru maupun mahasiswa lama. Peserta yang turut hadir di zoom sebanyak 300 partisipan yang terdiri dari peserta taaruf 2021 serta mahasiswa FKIK dan umum. 

poster
Poster Kegiatan

Adanya permasalahan-permasalahan remaja yang terjadi di tempat tinggalnya membuat Sela memiliki rasa tanggung jawab sebagai generasi milenial untuk dapat melakukan perubahan. Hal tersebut menjadi alasan utama untuk bergabung dalam duta GenRe ini. Selain itu, tanpa disadari public speaking, life skill, dalam artian soft skill dan hard skill, yang sudah dimiliki semakin terasah. Menjadi anggota GenRe juga membuat Sela dapat secara langsung terjun di masyarakat dan menyebarkan virus GenRe atau biasa disebut dengan Gen-ranger yang membuat masyarakat sekitar dapat memahami dan mendapatkan wawasan baru mengenai apa yang menjadi esensi dari Generasi Berencana ini.

Setelah bergabung dengan forum duta GenRe Kabupaten Trenggalek, Sela merasa dapat mengenal generasi milenial yang jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya. Mahasiswi yang lahir pada tahun 1999 ini juga meyakini bahwa bergabung dengan duta GenRe bukan hanya soal menjadi role model yang berjalan di atas cat walk di karpet merah. Namun, ini merupakan tantangan baru tentang bagaimana terjun dan bersosialisasi dengan masyarakat serta diterima di masyarakat. Tujuan dari GenRe sendiri adalah menyebarkan virus GenRe dan menyiapkan generasi yang jauh lebih baik lagi ke depannya. Selain itu, ketika kita tergabung dalam forum duta GenRe, secara tidak langsung hal itu juga menjadi alarm tersendiri bagi kita ketika kita mulai mengarah ke jalan kurang baik (dalam artian negatif) karena sesuai dengan motto kami sebagai bagian dari insan  GenRe yaitu “Setahun menjabat seumur hidup menginspirasi !” Yakinlah bahwa setiap niat dan usaha baik akan mendapatkan jalan terbaik yang diberikan Allah SWT untuk mewujudkannya.

(Andina_Media & Publikasi HMPSF)

Acara dimulai dengan pemaparan materi oleh ibu Analisa dan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi. Materi yang disampaikan oleh beliau berkutat pada hal – hal yang harus dikembangkan oleh seorang mahasiswa seperti how to set your goals, growth mindset, set your purpose, dan materi self improvement lainnya. Secara keseluruhan, tema character building ini memberikan dorongan kepada mahasiswa khususnya FKIK agar selalu optimis dan semangat dalam menyongsong kehidupan perkuliahan

Penyampaian Materi oleh Narasumber

Suasana penyampaian materi sangat interaktif, materi yang disampaikan meliputi dua arah yang mana tidak hanya disampaikan oleh bu analisa selaku narasumber, tetapi partisipan juga diajak untuk aktif dalam forum. Antusiasme peserta dalam bertanya juga sangat tinggi, bahkan tidak hanya pertanyaan dengan semangat mengembangkan diri, tetapi perrtanyaan untuk menumbuhkan semangat dengan suasana haru juga terjadi, salah satunya pertanyaan dari mahasiswa baru terkait permasalahan memiliki passion lain tetapi terlanjur masuk di dunia perkuliahan kesehatan.

Bu Analisa (Narasumber), Kak Usrin (Moderator), Bu Novia (Ketua Panitia Taaruf 2021) interaksi dua arah pada saat penyampaian materi

Respon peserta yang sangat tinggi ini dibuktikan pula dari hasil feedback setelah kegiatan, yang mana dari 212 partisipan yang mengisi, didapatkan hasil 96,2 % peserta merasa puas dengan diadakan acara webinar character building ini. Dari hasil survey peserta hampir semua merasakan bahwa materi yang dibawakan oleh Analisa Widyaningrum sangat baik sekali. Materi yang dibawakan pun tidak terasa menghanyutkan emosi dari peserta dan juga panitia. Selaku panitia, kami sangat berterimakasih kepada beliau, Analisa Widyaningrum karena sudah membuat suasana webinar menjadi sangat luar biasa. Oleh karena itu, diharapkan selanjutnya dapat diadakan webinar dengan topik pengembangan diri/Character Building di kesempatan lain waktu.

(Kontributor : Yuan Tamara dan Dwi Wahyu Utami)