TAARUF 2021 : Perkenalkan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Kepada NAKULA MUDA 2021

TAARUF 2021 : Perkenalkan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Kepada NAKULA MUDA 2021

Dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) menggelar kegiatan Taaruf (Tur Almamater dan Akademikย  Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan) 2021 yang dilaksanakan selama 2 hari. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang bertujuan untuk memberikan gambaran kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Pada pelaksanaan tahun ini, terdapat hal yang spesial dimana julukan untuk mahasiswa FKIK yaitu Nakula (Tenaga Kesehatan Ulul Albab) diresmikan. Julukan ini nantinya akan menjadi identitas bagi mahasiswa FKIK itu sendiri.

Acara hari pertama diadakan pada hari Kamis (02/09/2021) pukul 08.00 WIB. Acara dipandu oleh MC yang merupakan bagian dari Paguyuban Safir dan Safirah atau duta kampus yakni Safirah FKIK : Fitriyani dan Top 10 Safir : Febriansyah Akbar W. Kegiatan diawali dengan doa dan sambutan yang dilakukan oleh Ketua Pelaksana (Apt. Novia Maulina , M.Farm), Ketua DEMA FKIK (Muhammad Daffa Abhista R.), Ketua SEMA FKIK (Dwi Wahyu Utami), dan Dekan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati, M.Kes, Sp.Rad (K)) sekaligus membuka acara.

Prosesi simbolis penerimaan mahasiswa baru FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atau yang disebut Nakula Muda dilakukan oleh Dekan dengan mengenakan jas almamater kepada nakula muda.

Iqbal Maulana Akbar (kiri), Dekan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (tengah), dan Prameswari Yusa Salsabila (kanan)

Kegiatan selanjutnya ialah pemaparan materi Sosialisasi Akademik yang dilakukan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. Roihatul Mutiah, S.F., M. Kes, Apt. Dilanjutkan dengan pemaparan materi Layanan Keuangan oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Ach. Nashichuddin, M.A. Serta pemaparan tentang Layanan Kemahasiswaan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, dr. Alvi Milliana, M.Biomed

ย 

Setelah mengenal lebih jauh mengenai program dan layanan dari fakultas, acara dilanjutkan dengan sesi Pemaparan Program Studi Oleh Kaprodi dan Sekprodi. Pemaparan tersebut dilakukan breakout zoom dikarenakan di FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki 2 prgram studi, yaitu Program Studi Sarjana Farmasi (PSSF) dan Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD).

Tampilan Zoom Taaruf

Memasuki agenda terakhir di hari pertama yaitu Pemaparan Etika Profesi yang dilakukan oleh Ketua Komisi Etik Profesi FKIK UIN Malang, drg. Arief Suryadinata,Sp.Ort. Kegiatan tersebut mengajarkan kepada nakula muda bagaimana pola etika mahasiswa dan pedoman etik di lingkungan FKIK.

Pelaksanaan hari kedua Taaruf 2021 pada hari Jumat (03/09/2021) diawali dengan pengenalan civitas akademika yang dikemas dalam bentuk video. Dalam video ini ditampilkan foto beserta nama – nama dan jabatan dari seluruh civitas akademika, dimulai dari dekanat, program studi, dan juga tenaga pendidik. Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan fasilitas yang ada di FKIK, pengenalan dikemas dengan menampilkan video tour. Untuk program studi pendidikan dokter, video tour fasilitas di moderatori oleh salah satu anggota paguyuban safir safirah duta FKIK 2021, yaitu Marissa Nur Khoviva. Untuk program studi pendidikan dokter, dilakukan pula tour secara live ke ruang kadaver dan sebelum itu terlebih dahulu dilaksanakan doa untuk penghormatan kepada kadaver. Setelah pemaparan selesai, acara dilanjutkan dengan tanya jawab bersama mahasiswa baru.

Marissa Nur Khoviva sebagai moderator untuk video tour fasilitas program studi pendidikan dokter

Setelah program studi pendidikan dokter ditampilkan video tour untuk fasilitas yang ada di program studi farmasi. Pada sesi kali ini, moderator yang menjelaskan isi video adalah dari laboran yang ada di laboratorium program studi farmasi, yaitu Abdul Malik Guhir, S.Farm dan Nabila Rahmadani, S.Farm. Kedua moderator menjelaskan secara live dari gedung Ibnu Thufail Kampus 3 FKIK UIN Malang dan menampilkan ruangan – ruangan laboratorium yang digunakan pada saat pembelajaran. Setelah pemaparan video, acara dilanjutkan dengan tanya jawab bersama nakula muda 2021.

Abdul Malik Guhir, S.Farm dan Nabila Rahmadani, S.Farm, laboran dari program studi farmasi sedang melakukan tanya jawab bersama nakula muda 2021

Pelaksanaan kegiatan hari kedua ini cukup ringan, dimana para nakula muda diperkenalkan dengan fasilitas – fasilitas, organisasi mahasiswa, dan juga paguyuban duta kampus. Setelah diberikan materi mengenai fasilitas kampus, dilanjutkan pengenalan organisasi mahasiswa yakni DEMA FKIK (Dewan Eksekutif Mahasiswa) oleh ketua DEMA M.Daffa Abhista Reviansyah. Pada sesi ini, ketua DEMA menjelaskan program kerja yang ada di kabinetnya dan juga memperkenalkan pengurus dari DEMA itu sendiri.

Ketua DEMA FKIK : M. Daffa Abhista Reviansyah, dalam melakukan pemaparan materi organisasi DEMA

Setelah pemaparan materi dan pengenalan organisasi DEMA, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari SEMA FKIK (Senat Mahasiswa) yang disampaikan oleh ketua senat Dwi Wahyu Utami. Pemaparan materi dari SEMA FKIK menjelaskan mengenai peran dan tugas – tugas dari SEMA itu sendiri. Setelah pemaparan selesai, dilanjutkan dengan tanya jawab bersama dua tokoh petinggi organisasi mahasiswa di FKIK periode ini. Diskusi kali ini membahas mengenai kiat – kiat para ketua organisasi mahasiswa dalam manajemen waktu, mengurutkan prioritas, gaya kepemimpinan, serta kiat – kiat seorang aktivis lainnya. Pada sesi ini antusias dari nakula muda cukup tinggi. Tidak bisa dipungkiri bahwa organisasi mahasiswa merupakan tempat paling ideal untuk meningkatkan softskill serta lapangan terluas untuk bisa melatih diri dalam memanagement waktu.

Ketua SEMA FKIK : Dwi Wahyu Utamu, dalam melakukan pemaparan materi organisasi SEMA

Setelah pemaparan organisasi fakultas selesai, selanjutnya para nakula muda melakukan breakout room sesuai dengan program studi dan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai organisasi tingkat program studi, yaitu HMPSF (Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi) dan HMPPD (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter). Materi kali ini disampaikan oleh masing – masing ketua himpunan atau yang biasa disebut kahim, yaitu Shena Sochib Maulana dari HMPSF dan Dhiaz Taufiq dari HMPPD.

Tidak hanya selesai dalam pengenalan organisasi mahasiwa, kegiatan taaruf tetap berlanjut dengan pengenalan mengenai paguyuban safir safirah FKIK yang merupakan organisasi untuk duta fakultas. Pada sesi ini, materi disampaikan secara daring oleh pemenang duta tahun 2021, yaitu safir : M. Syifa Haykal Azizi (Pendidikan Dokter) dan safirah : Fitriyani (Farmasi).

safir dan safirah FKIK 2021

Sebelum berakhirnya kegiatan taaruf 2021, dilakukan penghargaan terhadap nakula muda 2021 terbaik yang senantiasa aktif dalam pelaksanaan taaruf 2021. Penghargaan ini diberikan secara kelompok dan secara individu. Pemenang kelompok diraih oleh : Kelompok Remdesivir, Kelompok Oseltamivir, dan Kelompok Sinovac. Untuk pemenang peserta terbaik diraih oleh : Moch. Dzaky Addhimi, Gita Firli Rahmawati, dan Carissa Syebina Putri. Para pemenang ini akan di apresiasi dengan hadiah berupa uang tunai karena telah berantusias melebihi peserta lainnya selama pelaksanaan kegiatan taaruf 2021. Tak lupa pula dilaksanakan pemberian kesan dan pesan dari nakula muda karena kegiatan yang sangat bermanfaat dan meriah ini pastinya memberikan kesan tersendiri pada para nakula muda.

Dipenghujung acara, dilaksanakan closing ceremony yang merupakan rangkaian acara terakhir sekaligus menutup acara Taaruf 2021. Adapun penutupan tersebut dilakukan oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, dr. Alvi Milliana, M.Biomed. Dokter Alvi menyampaikan apresiasi setinggi – tingginya terhadap kerja keras seluruh panitia dan juga antusaisme peserta nakula muda karena semangatnya yang tak pernah pudar selama acara berlangsung.

Dengan dilaksanakan kegiatan Taaruf ini, banyak terdapat manfaat terutama meningkatnya kolaborasi aktif antara dosen, tenaga pendidik, dan juga mahasiswa. Diharapkan, kolaborasi dan sinergisitas yang aktif ini dapat berlanjut sehingga seorang mahasiswa yang memiliki semangat tinggi akan dapat menyerap banyak pengalaman dari dosen dan tenaga pendidik, yang mana dalam kolaborasi ini dosen dan tenaga pendidik adalah gudang dari banyaknya pengalaman yang siap diserap oleh mahasiswa yang semangatnya berkobar.

(Kontributor : Yuan Tamara (Farmasi) dan Dwi Wahyu Utami (Pendidikan Dokter))