FKIK UIN Malang Teken Kerjasama dengan RSU Karsa Husada Batu dan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Kamis (16/09/2021), bertempat di Aula Lantai 3 Gedung Al Biruni FKIK UIN Malang telah dilaksanakan prosesi Penandatangan Naskah Kerjasama antara Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan RSU Karsa Husada Kota Batu dan RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Kerjasama ini sejalan dengan tujuan dan cita-cita ketiga belah pihak, yakni dalam rangka menyediakan pendidikan kedokteran berbasis klinis yang berkualitas bagi para calon dokter masa depan.

Bentuk kerjasama antara FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan RSU Karsa Husada Kota Batu dan RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang nantinya akan dituangkan dalam bidang pendidikan, khususnya sebagai wahana Pendidikan Utama bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter. Hal ini sejalan pula dengan misi RSU Karsa Husada Kota Batu dan RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, yakni salah satunya adalah untuk mewujudkan rumah sakit pendidikan afiliasi.

Dalam menempuh studi pendidikan dokter, mahasiswa akan melanjutkan ke Program Studi Profesi Dokter. Profesi Dokter merupakan tahapan profesi pada pendidikan kedokteran yang dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran klinik dan pembelajaran komunitas yang bertujuan untuk memenuhi kompetensi mahasiswa sebelum dinyatakan sebagai dokter. Nantinya mahasiswa profesi dokter akan melaksanakan pembelajaran klinik di RSU Karsa Husada Kota Batu dan RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang.

Penandatangan perjanjian kerjasama dilakukan oleh 3 pihak, yaitu Direktur RS Karsa Husada Kota Batu, dr. Tries Anggraini, M. Kes dan Direktur RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dr Yuniar, Sp.KJ. serta Dekan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW., M.Kes, Sp.Rad(K). Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor 4, Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan UIN Malang, Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag.

Dalam acara penandatanganan perjanjian kerjasama ini dimulai dengan beberapa sambutan. Sambutan pertama oleh Direktur RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dr Yuniar, Sp.KJ., beliau menyampaikan bahwa di RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang  sedang melaksanakan Program Manasik Kesehatan Haji yang berfokus pada program preventif dan promotif untuk pembinaan jamaah haji. Tujuannya agar jamaah haji tidak mengalami gejala-gejala penyakit kronis selama menunaikan ibadah haji. Beliau juga menyampaikan bahwa dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang membuka peluang kerja sama penelitian untuk para civitas akademika FKIK UIN Maulana  Malik Ibrahim Malang.

Sambutan kedua disampaikan oleh Direktur RS Karsa Husada Kota Batu dr. Tries Anggraini, M. Kes. Di RSU Karsa Husada Kota Batu membuka kesempatan kerja sama untuk proses pembelajaran klinis baik secara luring maupun daring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tujuan kerja sama ini tentunya untuk meningkatkan kompetensi klinis para mahasiswa. Selain itu, perlu adanya perbaikan dan evaluasi untuk proses pembelajaran klinis, agar FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bisa meningkatan akreditasinya. Harapan beliau agar FKIK dapat memberikan warna penyiapan generasi-generasi di bidang kedokteran dan ilmu kesehatan. RSU Karsa Husada Kota Batu sebagai RS Pendidikan utama, merasa sangat bangga menjadi mitra proses pendidikan klinis para mahasiswa FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sejalan dengan tujuan rencana RSU Karsa Husada Kota Batu dalam jangka waktu dekat yaitu mejadi RS Pendidikan.

Sambutan ketiga disampaikan oleh Wakil Rektor 4, Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan UIN Malang, Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag. Beliau menyampaikan bahwa animo masyarakat yang sangat besar terhadap FKIK UIN Maliki Malang harus diimbangi dengan tanggung jawab bersama untuk meningkatkan akreditasi Program Studi Pendidikan Dokter. Beliau menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada RSU Karsa Husada Kota Batu dan RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang yang telah membantu proses pembelajaran klinis bagi para mahasiswa.

Dengan ditandatanganinya Perjanjian kerja sama Trias antara Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, RSU Karsa Husada Kota Batu dan RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang menandai telah diresmikannya kerja sama Tripartit oleh ketiga institusi/lembaga tersebut. Diharapkan setelah adanya kerjasama ini dapat meningkatkan kemampuan pendidikan serta kompetensi klinis pada dokter lulusan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

(Kontributor: Novia Maulina, Editor: Alif FF, Dok: Nanang KH)