Ramadhan Tiba, FKIK Gelar Pembukaan Semarak Ramadhan 1445 H

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali mengadakan acara Semarak Ramadhan 1445 H. Acara ini rutin dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan setiap tahunnya. Semarak ramadhan tahun ini dibuka dengan pawai tarhib Ramadhan yang diikuti oleh anggota drumband SDN Sumbersekar 1, Santriwan dannsantriwati TPQ Baiturrahman Precet dan TPQ Nailul Falah Gangsiran. Jumlah peserta pawai tarhib Ramadhan mencapai 115 orang.

Dibawah cuaca sejuk khas Kota Batu, acara ini dimulai dengan pembukaan dan pemberangkatan pawai oleh Dekan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yuenitawati Prabowowati Wadjieb, Sp. R(K). Rute pawai ini dimulai dari gedung kampus 3, FKIK UIN Malang menuju perumahan The Emerald yang terletak di dusun Precet Batu, dan berakhir di FKIK UIN Malang. Selanjutnya, peserta pawai berkumpul di masjid Ibnu Sina FKIK UIN Malang. Di dalam masjid tersebut, para peserta dihibur dengan penampilan sulap, dongeng islami yang dibawakan oleh kak Bagus Priyo Setyono. Peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara tersebut.

 

Semarak Ramadhan tahun ini juga diramaikan dengan berbagai kegiatan dan lomba, seperti pelatihan solat, pelatihan penanganan jenazah, lomba tahfidz quran, lomba pildacil, lomba cerdas cermat dan lomba peragaan busana muslim yang diikuti oleh TPQ di sekitar FKIK UIN Malang. Pelaksanaan semarak ramadhan kali ini akan berlangsung dari 10 Maret hingga 28 Maret 2024.

Menurut penuturan Ketua Panitia Bapak Saiful Hikmah, S.Ag, Kegiatan Semarak Ramadhan 1445 Hijriyah pada tahun ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dilaksanakan terpusat di kampus 3 FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan kita libatkan masyarakat sekitar yaitu warga sekitar kampus 3 dan juga TPQ serta sekolah yang ada di sekitar kampus 3. Adapun tujuan dari pelaksanaan Semarak Ramadhan ini yang pertama adalah menjalin silaturahmi dan komunikasi yang harmonis antara FKIK UIN Malang dengan warga sekitar kampus 3. Tujuan yang kedua syiar Islam bagi warga di sekitar kampus 3 UIN Malang. Tujuan yang ketiga adalah untuk membantu masyarakat fakir miskin dan anak-anak yatim piatu di sekitar kampus 3 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dengan demikian diharapkan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat memberikan warna baru bagi kehidupan beragama dan bermasyarakat bagi warga di sekitar kampus 3 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hal senada juga disampaikan oleh Ibu Triasih Esti Nugraheni, S.E., M.M selaku Kepala Bagian Umum FKIK UIN Malang dan sebagai penanggung jawab acara semarak ramadhan 1445 H, Semarak Ramadhan merupakan kegiatan rutin FKIK, yang merupakan salah 1 upaya FKIK untuk mensyiarkan agama Islam kepda adik-adik TPQ khususnya warga sekitar kampus 3 UIN Malang, baik berupa pengenalan puasa, tata cara puasa, hikmah puasa sejak dini sangatlah penting. Kegiatan semarak ramadhan juga mendapat dukungan positif dari segenap pimpinan dan civitas akademika FKIK.

 

Salah satu pembina TPQ Nailul Falah Ibu Rodiyah Awalun Rohmah menuturkan bahwa acara semarak ramadhan dapat meningkatkan antusias dari santriwan santriwati TPQ, dengan adanya acara ini mendapatkan apresiasi tinggi karena siswa dan siswi TPQ dapat bersemangat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, dan beliau memgharapkan acara ini dapat diadakan terus di tahun tahun berikutnya.

 

Kontributor : Okki (Humas FKIK) ; Editor : Novia (Humas FKIK)