Launching Program “FKIK Goes for the Green Campus”, FKIK Berkomitmen Wujudkan Lingkungan Kampus yang Berkelanjutan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Pada hari Jumat (16/02/2024) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan bangga mengumumkan peluncuran program inovatif yang bertajuk “FKIK Goes for the Green Campus”. Program ini bertujuan untuk mendorong dan mempromosikan praktik berkelanjutan di lingkungan kampus, serta memperkuat komitmen terhadap pelestarian lingkungan dan pembangunan kampus yang berkelanjutan.

Suasana acara Launching FKIK Goes for the Green Campus

Acara launching program ini diadakan di lantai 3 Gedung Ibnu Thufail FKIK UIN Malang dan diresmikan langsung oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.A. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor 2 Bidang AUPK Dr. Ilfi Nurdiana, M.Si., Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama & Pengembangan Kelembagaan Dr. KH. Isroqunnajah, M.Ag. dan Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (Kabiro AAKK) Dr. H. Bamoto, M.Pd.I., Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, M.Biomed., Wakil Dekan 2 Bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Keuangan Achmad Nashicudin, M.A, Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dr. Alvi Milliana, M.Biomed., serta tenaga pendidik dan tenaga kependidikan FKIK UIN Malang.

Acara FKIK Goes for the Green Campus mempersembahkan serangkaian inisiatif yang dirancang untuk mengurangi dampak lingkungan kampus serta membantu menciptakan kesadaran di antara civitas akademika tentang pentingnya lingkungan yang berkelanjutan. Inisiatif utama program ini mencakup program selama satu tahun dan melakukan proses pembelajaran berdasarkan UI GreenMetric. Salah satunya dengan meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai dengan penggunaan botol air minum dan disediakan dispenser pada beberapa tempat yang ramai.

Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.A. juga menambahkan “Tentu tidak hanya sekedar green campus tapi juga smart campus yang berbasis IoT (Internet of Things). Setelah kita ikuti dan pelajari, GreenMetric ternyata memiliki konsep yang islami. Cara membuang sampah organik, anorganik, termasuk cara membuang bekas barang elektronik seperti di GreenMetric dan kita sudah punya konsep itu.”

Peresmian FKIK Goes for the Green Campus oleh Rektor UIN Malang

Selain launching FKIK Goes for the Green Campus, acara ini juga bertujuan untuk memperingati hari ulang tahun yang ke-80 dari Dekan pertama FKIK UIN Malang yaitu Prof. Dr. dr. Bambang Pardjianto, Sp.B., Sp.BP-RE (K). Dalam sambutannya, Prof. Bambang menyampaikan harapan untuk terus eksis serta menyumbangkan sisa tenaga dan umur beliau untuk mengabdi ke masyarakat terutama di UIN Malang.

Penyerahan Tali Asih kepada Dekan Pertama FKIK oleh Rektor UIN Malang

Acara launching ini juga menandai komitmen UIN Malang untuk berperan aktif dalam mempromosikan praktik berkelanjutan dan melindungi lingkungan untuk masa depan yang lebih baik bagi semua. Program “FKIK Goes for Green Campus” diharapkan akan menjadi langkah awal yang signifikan dalam perjalanan menuju kampus yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Civitas Akademika FKIK UIN Malang bersama Pimpinan Universitas

Kontributor : Riza (Humas FKIK) ; Editor : Novia (Humas FKIK)