Semarak Pembukaan Dekan Cup 2024 FKIK UIN Malang : Tingkatkan Kesolidan, Kolaborasi dan Minat Bakat Antar Angkatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Malang (07/02/2024) – Dekan Cup merupakan suatu agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Dalam Negeri Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FKIK UIN Malang yang diikuti oleh seluruh civitas akademika FKIK UIN Malang, mulai dari bidang seni, olahraga dan ilmiah. Pada tahun ini, Dekan Cup mengusung tema “Synergize and Harmonize Diversity for Abide”. Tema ini diusung dengan filosofi yang penuh harapan agar dapat meningkatkan kesolidan antar angkatan serta meningkatkan kolaborasi antar sesama. Hal ini dikarenakan pelaksanaan Dekan Cup tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pelaksanaan perlombaan Dekan Cup kali ini tidak berdasarkan Prodi, melainkan berdasarkan angkatan.

Pembukaan Dekan Cup 2024 ini diselenggarakan di Kampus 3 UIN Malang, dengan dihadiri oleh Dekan FKIK UIN Malang, jajaran Wakil Dekan, dan Pimpinan Prodi serta civitas akademik lainnya. Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FKIK, dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat Al-Quran serta serangkaian sambutan.

Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Pelaksana Dekan Cup 2024, “Perhelatan Dekan Cup 2024 sudah berlangsung sejak 20 Januari dengan persiapan mulai dari bulan November hingga pada hari ini. Agenda Dekan Cup 2024 ini diselenggarakan dengan 9 cabang lomba, dengan 5 cabang olahraga yaitu futsal, basket, badminton, tenis meja, serta e-sport, 2 cabang seni yaitu akustik dan mtq, dan 2 bidang ilmiah. Agenda Dekan Cup 2024 ini juga akan ditutup dengan acara hari puncak dengan beberapa rentetan acara yang sangat menarik seperti open house, job fair, bazar UMKM, sampai pengajian”.

Dalam sambutannya, Gubernur Dema FKIK UIN Malang menyampaikan harapannya yaitu agar “show your ability” yang merupakan penggalan kalimat dari jargon Dekan Cup 2024, “Show your ability get your victory” tidak hanya berlaku selama Dekan Cup ini berlangsung, serta diharapkan agar peserta bisa menyalurkan dan mengembangkan kemampuannya selama perlombaan berlangsung.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh dr. Alvi Milliana, M.Biomed. selaku Wakil Dekan III FKIK UIN Malang, “Saya sangat bangga atas penyelenggaraan agenda ini, saya harap kegiatan ini dapat menjadi wadah dalam pemersatu antar angkatan dalam 4 Program Studi di FKIK UIN Malang, sehingga dapat tercapai kolaborasi dalam kompetisi. Saya juga berpesan agar adik-adik menjaga kesehatan dan sportivitas. Semoga acara kita berjalan lancar hingga tanggal 9 Maret serta dapat bermanfaat bagi kita dan masyarakat sekitar”.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Sun Kembang Osing asal Banyuwangi,  dilanjutkan dengan prosesi penyalaan obor yang menandakan Dekan Cup X Carnival 2024 resmi dibuka oleh Dekanat, Ketua Unit Kemahasiswaan & Alumni, Ketua Unit Humas & Protokoler,  Ketua Pelaksana dan Ketua Dema. Prosesi penyalaan obor ini memiliki makna perjuangan di berbagai cabang perlombaan yang ada dalam serangkaian acara Dekan Cup 2024. Kobaran api menggambarkan gelora semangat perjuangan dari dalam diri setiap mahasiswa FKIK UIN Malang. Sepanjang pergantian estafet obor, apinya melambangkan pesan perdamaian serta persahabatan antar mahasiswa  FKIK.

Agenda pembukaan Dekan Cup 2024 ini diakhiri dengan pengucapan janji kontingen oleh Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati, PW., M.Kes., Sp.Rad(K) selaku Dekan FKIK UIN Malang dan juga penampilan flashmob.

 

Kontributor: Amanda Milano, Lisa Khanana, Ahmadiyah Musliha (Farmasi)