Visiting Professor Series Ketiga FKIK UIN Malang, Sukses Bawakan Wawasan Radiologi Dari Universiti Kebangsaan Malaysia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (FKIK UINMA) kembali mengadakan kegiatan visiting professor untuk yang ketiga kalinya pada Selasa, 14 November 2023. Kegiatan kali ini FKIK UIN Malang mengundang tamu yang berasal dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Prof. Dr. Hamzaini Abdul Hamid yang memiliki keahlian di bidang Ilmu Radiologi. Kedatangan tamu yang akrab dipanggil Prof. Hamzaini tersebut disambut langsung oleh Dekan FKIK UINMA yaitu Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW.,M. Kes.,Sp.Rad(K) beserta jajarannya.

Sesi penyampaian materi oleh Prof. Dr. Hamzaini Abdul Hamid

Acara dilaksanakan pada pukul 09.30 – 11.30 WIB yang mana dibuka secara langsung oleh Dekan FKIK UIN Malang. Sesi kuliah tamu pada kegiatan visiting professor kali ini ditujukan kepada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter angkatan 2021. Seluruh mahasiswa menyambut dengan antusias kedatangan Prof. Dr. Hamzaini Abdul Hamid. Dalam kuliah tamu ini, Prof. Dr. Hamzaini Abdul Hamid menjelaskan banyak hal mengenai radiologi dan fungsinya dalam dunia kesehatan. Beliau juga mengatakan bahwa beberapa penyakit perlu intervensi dari radiologi.

Sesi sharing tanya jawab oleh Prof. Dr. Hamzaini Abdul Hamid

Saat sesi sharing tanya jawab, para mahasiswa sangat semangat dan antusias dalam menyampaikan beberapa pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan. Selain itu, Prof. Dr. Hamzaini Abdul Hamid juga berpesan agar ketika nanti setelah terjun di dunia kerja, hal yang harus diutamakan adalah team work dan kita tidak boleh merasa menjadi yang paling hebat diantara yang lainnya.

Salah satu pernyataan yang cukup mencerminkan semangat dan apresiasi dengan tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu dari salah satu mahasiswa selaku peserta kuliah tamu yang mengungkapkan “Saya berharap agar event seperti ini sering diadakan karena pematerinya memiliki pengetahuan yang sangat luas” ujar Niken Marta Safira.

“Kegiatan seperti merupakan kegiatan yang sangat bagus karena mahasiswa akan mendapat ilmu-ilmu baru dari luar kampus UIN. Hal tersebut bisa memberi kesan yang baik pada mahasiswa UIN agar tidak terfokus di dalam kampus saja” ujar Prof. Dr. Hamzaini Abdul Hamid. Beliau juga mengatakan bahwa pada dasarnya tidak ada perbedaan dalam kegiatan akademik antara UIN Malang dan Universiti Kebangsaan Malaysia, namun yang beliau suka dari UIN Malang adalah adanya integrasi keislaman. Hal ini bisa menjadi kekuatan bagi UIN dan sudah sepatutnya mahasiswa UIN mengambil hal tersebut sebagai kelebihan dibandingkan dengan mahasiswa lain. Harapan beliau adalah agar event ini tetap dilanjutkan karena akan memberikan dampak yang besar terhadap mahasiswa.

Kontributor : Imrotul Hasanah & Naela Atika Fitry (Tim Pers FKIK 2023)