Mahasiswa FKIK UIN Malang Galang Dana untuk Palestina

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

BATU – Organisasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Malang menggalang donasi dana sebagai bentuk aksi kepedulian sosial kepada warga palestina yang menjadi korban dari konflik Palestina dan Israel. Banyak warga palestina tak bersalah yang terkena dampak dari serangan tersebut terutama anak-anak, lingkungan yang semestinya sebagai tempat beribadah, rumah sakit, dan sekolah-sekolah tempat belajar telah dihancur luluh lantak oleh serangan israel sejak bulan Oktober 2023.

Aksi solidaritas mendukung kemerdekaan warga palestina dari Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) FKIK UIN Malang dalam menggalang dana ini mendapat banyak perhatian dan dukungan dari publik sehingga telah berhasil mengumpulkan dana untuk didonasikan ke warga Palestina. “Proses penggalangan donasi ini di handle langsung dari kita SEMA FKIK UIN Malang dengan perlaporan donasi secara berkala di grup ORMAWA FKIK, kita lakukan share pamflet open donasi di media sosial, grup-grup whatsapp dan mengkoordinir seluruh ORMAWA FKIK untuk menyebarluaskan pamflet tersebut kepada khalayak umum, penggalangan donasi ini kita lakukan selama 2 minggu” ujar Muhammad Abdulloh Umar selaku ketua SEMA FKIK UINMA.

Pada hari Selasa (14/11/2023) dana donasi tersebut diserahkan kepada salah satu lembaga amil zakat nasional, yaitu Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) yang berada di kota Malang. Lembaga ini telah dipilih dan dipercaya untuk membantu mendistribusikan donasi kepada rakyat Palestina yang terdampak konflik. Menurut Muhammad Abdulloh Umar, pemilihan lembaga YDSF ini untuk menyalurkan donasi kepada warga Palestina telah melalui proses yang panjang dan telah di lakukan survey secara langsung.

 

 Pertemuan jajaran pimpinan FKIK UINMA dengan Lembaga YDSF

“Bantuan untuk Palestina ini merupakan salah satu project bidang sosial kemanusiaan di lembaga YDSF, sosial kemanusian ini kita lakukan tak hanya di indonesia namun juga di luar negeri termasuk Palestina, jadi perjuangan kita untuk membantu saudara di Palestina akan terus kita lakukan sampai mereka merdeka” ujar saudari Hairunisa Rismawati sebagai Manager Markom YDSF Malang.

Penyerahan dana donasi dilakukan oleh perwakilan ORMAWA FKIK yaitu Muhammad Abdulloh Umar sebagai ketua SEMA FKIK kepada Manager Markom YDSF Malang saudari Hairunisa Rismawati. Proses penyerahan dana donasi ini turut dihadiri juga oleh dekan FKIK UINMA yaitu Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW.,M. Kes.,Sp.Rad(K), Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dr. Alvi Milliana, M.Biomed, Sekprodi Program Studi Pendidikan Dokter Bpk Yossi Indra Kusuma, S.Ked., M.Med.Ed., serta ketua DEMA FKIK UINMA, Razzaq Widagdo.

Proses penyerahan dana donasi untuk warga Palestina 

“Saya merasa sangat bangga dengan aksi kepedulian sosial kalian mahasiswa FKIK yang telah berinisiatif menggalang dana untuk Palestina ini, saya harap semoga kegiatan ini tak hanya berhenti disini saja, silahkan terus dilanjutkan membantu saudara-saudara atau teman-teman kita yang kesusahan”, tanggapan Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW.,M. Kes.,Sp.Rad(K) sebagai dekan FKIK UINMA.

Proses pendistribusian donasi untuk Palestina ini diserahkan sepenuhnya kepada Lembaga YDSF yang akan mendistribusikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Palestina, terutama untuk kecukupan makanan pokok dan ketersediaan air bersih.

Kontributor : Susi Fatma Yulia (DEMA, TIM Pers FKIK 2023)