UIN Malang Kirim 13 Dokter dalam Bakti Kesehatan dan Sosial Alumni AKABRI 91

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Malang – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang turut berpartisipasi dalam kegiatan Bakti Kesehatan dan Sosial Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) Angkatan 91 di Pondok Pesantren Yatim Dhuafa Al-Ikhlas Putra, Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (21/10/2023).

UIN Malang mengirimkan 8 dokter untuk membantu pelayanan kesehatan kepada warga dan santri di Pondok Pesantren Yatim Dhuafa Al-Ikhlas, serta 5 dokter untuk membantu pelayanan kesehatan di Lapangan Rampal. Kegiatan bakti sosial ini dilakukan secara serentak di dua lokasi, yaitu Lapangan Rampal dan Pondok Pesantren Al-Ikhlas.

Tim Dokter dari UIN Malang sedang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga dalam acara Bakti Kesehatan dan Sosial Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan tahun 1991

Kegiatan Bakti kesehatan di Pondok Al-Ikhlas Singosari, pimpinan KH. Muhammad Ali Zubair tersebut, menyediakan berbagai jenis layanan kesehatan, termasuk Poli Umum, Poli Gigi, Poli Syaraf, Poli Kulit dan Kelamin, Poli THT-KL, serta Khitan.

Dokter Yeremi selaku Penanggung Jawab Lapangan dari RS. Bhayangkara Hasta Brata Batu mengungkapkan bahwa diketahui sebanyak 1.000 warga dan santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas mendapatkan layanan kesehatan gratis dari kegiatan bakti sosial ini. Mereka berasal dari pondok pesantren di Kecamatan Singosari, terutama santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas serta masyarakat sekitar. Sementara untuk kegiatan di Lapangan Rampal diikuti sekitar 10.000 peserta.

Sementara di Lapangan Rampal, Kota Malang, terdapat beragam pelayanan kesehatan yang dapat diikuti oleh masyarakat, seperti pengobatan umum, pengobatan spesialis, pemeriksaan laboratorium, konsultasi gizi, mobil katarak, mobil gigi, mobil bedah, mobil chamber, layanan KB atau ibu hamil, pencegahan stunting, visus, penghilangan tatto, fisioterapi, donor darah, serta khitan. Kegiatan di Lapangan Rampal melibatkan 85 relawan yang terdiri dari dokter gigi, perawat, tenaga kesehatan lain, petugas PMI, personel TNI, dan relawan non-nakes. Mereka dengan penuh semangat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian. Selain itu, seluruh peserta juga mendapatkan bantuan sosial berupa paket sembako.

Dengan adanya bantuan dari UIN Malang, diharapkan semakin banyak warga dan santri yang dapat memperoleh akses layanan kesehatan gratis dari kegiatan Bakti Kesehatan Alumni AKABRI 91 ini. Partisipasi UIN Malang menjadi wujud nyata pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat.

 

Kontributor: Ahmad Taufiqurrohman A (PSPD 2020)