FKIK UINMA Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Melalui FKIK Beraksi dan Donor Darah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Acara FKIK Beraksi dan Bloody (donor darah) dalam rangka pengabdian masyarakat sukses diselenggarakan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana UIN Malang (FKIK UINMA), seperti : DEMA, HMPSF, HMPPD, CALVARIA, RMT, AMSA dan beberapa relawan yang ikut serta. FKIK Beraksi merupakan screening kesehatan yang mencakup pemeriksaan kesehatan untuk membantu masyarakat dalam mengidentifikasi potensi masalah kesehatan, memberikan informasi, serta arahan untuk perawatan lebih lanjut bila diperlukan. Selain itu, Bloody (donor darah) merupakan satu langkah penting dalam membantu menjaga stok darah bagi pasien yang membutuhkannya dalam situasi darurat medis atau perawatan. Kegiatan ini ditujukan kepada masyarakat sekitar di Kampus III FKIK UIN Malang Jalan Locari – Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu untuk semua kalangan terutama remaja dan lansia.

Sambutan oleh Wakil Dekan 2 FKIK UINMA Sekaligus Pembukaan Kegiatan

Acara dilaksanakan pada pukul 07.00 – 12.00 WIB yang mana dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan UIN Malang.Acara ini salah satu bentuk nyata kepedulian UIN kepada masyarakat sekitar kampus 3, diharapkan dengan adanya acara ini menjadi salah satu bentuk pendekatan kita kepada mereka.  semoga menjadi amal bagi para dosen dan pengalaman bagi para mahasiswa untuk memberi pelayanan ke masyarakat karena salah satu pesan hal yang harus dimiliki oleh mahasiswa kesehatan yaitu dapat memberi pelayanan kesehatan ke masyarakat, acara ini adalah salah satu bentuk dari pembelajaran untuk memberikan pelayanan ke masyarakat” ujar Ach. Nashichuddin, MA. selaku Wakil Dekan II FKIK UIN Malang.

Screening Kesehatan Lansia

Pada kesempatan ini kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan 2 agenda yang terbagi dalam beberapa pos yaitu pemeriksaan kesehatan meliputi pengukuran tekanan darah, pengukuran kadar gula dan pengukuran asam urat serta, konsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan memberikan informasi mencakup pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan oleh masyarakat. Selain itu, masyarakat sangat antusias dan semangat dalam menjalani pemeriksaan karena dapat mengetahui potensi masalah kesehatan dan sadar pentingnya  pemantauan kesehatan secara berkala. Kemudian agenda selanjutnya yaitu Bloody (donor darah), sebelum dilakukan donor darah pendonor dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan juga golongan darah.

Kegiatan Donor Darah

Salah satu pernyataan yang cukup mencerminkan semangat dan apresiasi dengan tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu dari Kepala Desa setempat mengungkapkan “Saya sangat senang dengan diadakannya acara ini yang sangat membantu sekali terutama bagi masyarakat lansia, agar mereka mengetahui dan lebih aware terhadap keluhan kesehatannya. Saya berharap untuk tahun-tahun selanjutnya dapat dilaksanakan kembali” ujar Ririn Catur Kurnia Sasi, S.pd selaku Kepala Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kota Batu.

Sambutan Ibu Kepala Desa Sumbersekar
Panitia Mahasiswa FKIK Beraksi dan Bloody

Dengan tujuan yang sama kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen FKIK UINMA dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar melalui pelayanan kesehatan gratis dan donor darah (Bloody) sebagai wujud pengabdian mereka. Semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan kesehatan dan semakin memperkuat hubungan positif antara universitas dan komunitas sekitar, serta dapat bermanfaat bagi semua orang.

Kontributor : Imrotul Hasanah dan Safira Rosyadatul Aissy