Segera Berlangsung, 2nd MIISE x 3rd PLANAR Usung Tema Necessity of Building a Sustainable and Innovative Global Halal Ecosystem

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

International Pharmacy Ulul Albab Conference and Seminar (PLANAR) adalah suatu seminar yang diprakarsai oleh Program Studi Sarjana Farmasi FKIK UIN Malang, tahun ini adalah tahun ketiga dilaksanakannya PLANAR. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang telah sukses dilaksanakan secara online (daring), tahun ini PLANAR diselenggarakan secara offline (luring). Selain itu, PLANAR tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan agenda The 2nd Maliki International Islamic & Science Expo (MIISE). Gelaran The 3rd PLANAR dan 2nd MIISE ini akan diselenggarakan di Kampus 2 Rumah Singgah Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jl. Raya Dadaprejo No.143, Pendem, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65233 pada tanggal 25-26 Oktober 2023 mendatang. 

Setelah sukses di tahun pertamanya, tahun ini menjadi tahun kedua diselenggarakannya MIISE. MIISE merupakan seminar dan expo yang diadakan oleh Pusat Studi Integrasi Islam dan Sains (PSIS), unit di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Malang yang memiliki fokus pada kegiatan-kegiatan integratif antara sains dan Islam. Dalam expo tersebut, terdapat beberapa produk yang berkaitan dengan bidang farmasi dan kesehatan. Adapun tema yang diusung kali ini adalah “Necessity of Building a Sustainable and Innovative Global Halal Ecosystem”. Dengan demikian, pembicara tahun ini lebih banyak dan lebih variatif bidangnya karena terdapat kolaborasi antara PLANAR dan MIISE. Tentu saja, topik yang angkat dalam seminar nantinya tidak jauh dari tema yang diusung.

“Tujuan diadakan MIISE ini adalah untuk mengembangkan ekosistem halal di Indonesia. Expo ini nantinya mencakup pameran dan bazaar produk-produk halal di Indonesia. Beberapa produk berbasis sains dan teknologi juga akan memeriahkan stand booth MIISE. Kategori produk untuk expo tahun ini antara lain produk makanan dan minuman, produk-produk farmasi, skincare, produk media pembelajaran dan aplikasi software yang dapat mengidentifikasi kehalalan suatu produk, dan lain sebagainya.” Ujar apt. Novia Maulina, M. Farm, Ketua Pelaksana The 2nd MIISE.

 

Terdapat banyak sekali manfaat dan output yang akan diperoleh dari agenda kali ini. Peserta akan mendapatkan pengalaman Expo mengenai perkembangan produk halal baik dari UIN Malang maupun instansi lain yang terkait, relasi, serta koneksi dari berbagai kalangan mengingat peserta dari agenda kali ini terdiri dari berbagai profesi (kalangan), bahkan juga (luar negeri). Selain itu, tak hanya memperoleh ilmu dari pakar-pakar di bidangnya, tetapi juga dari presenter-presenter yang mengikuti scientific poster presentation.

“Kegiatan ini juga mewadahi peserta dari kalangan akademis agar mereka dapat mempublikasikan artikel ilmiahnya. Conference kita telah bekerja sama dengan beberapa publisher. Proceeding PLANAR pun telah terindeks internasional dan akan terus meningkat tiap tahunnya. Sejauh ini, Conference Proceeding PLANAR sudah terindeks di Google Scholar, DOAJ, Research Bib, Copernicus, dan Dimensions.” Ungkap Dr. apt. Burhan Ma’arif ZA, M. Farm., selaku, Ketua Pelaksana The 3rd PLANAR.

Artikel yang di-submit nantinya akan melewati proses review secara professional sehingga kualitas dari tiap artikel yang diterbitkan nantinya terjamin. Harapan untuk ke depannya, Proceeding PLANAR akan terus meningkat Indexing-nya sampai Scopus tentu yang diinginkan.

Kontributor : Yazid (Farmasi 2021), Editor : Novia (Humas FKIK)