Sosialisasi Etika, Character Building Moderasi Beragama dan Demo ORMAWA Tutup Rangkaian PBAK FKIK 2023

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Pelaksanaan acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan UIN Malang 2023 terus berlanjut hingga hari kedua Kamis, 24 Agustus 2023 di Aula lantai 4 Rumah Singgah Kampus 2 UIN Malang. Pelaksanaan hari kedua ini merupakan pelaksanaan hari terakhir sekaligus penutupan.

Agenda hari kedua setelah pembukaan, dilaksanakan penyampaian sosialisasi etik yang disampaikan ketua komisi etik profesi FKIK drg. Arief Suryadinata, Sp.Ort. “Saya ingatkan kalian semua bahwa kita di FKIK ini memiliki unit komisi etik profesi, jadi buat kalian atau civitas akademika yang melakukan pelanggaran akan kami proses dan saya pastikan pelaku akan mendapat punishment, perlu kalian ketahui juga yang memberikan punishment tidak langsung dari komisi etik, kami hanya merekomendasikan kepada dekan dan dekan yang akan mengesahkan “ ujar drg. Arief dengan tegas.

Setelah sosialisasi etik, mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan semua organisasi mahasiswa (ORMAWA), perwakilan ormawa tersebut mensosialisasikan tentang organisasi mereka dan masing-masing program kerja perdivisi. Dimulai dari pengenalan Duta Safir Safirah FKIK dan Tim Pers FKIK 2023, kemudian dilanjut organisasi mahasiswa oleh Senat Mahasiswa (SEMA), lalu sosialisasi oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Lembaga Semi Otonom Seni Dan Olahraga (LSO SENIOR). Badan Semi Otonom Asian Medical Students’ Association (BSO AMSA), Badan Semi Otonom Forum Diskusi Islam (BSO FDI), dan selanjutnya pengenalan organisasi himpunan jurusan yang dimulai dari Himpunan Mahasiswa Pogram Studi Farmasi (HMPSF), himpunan mahasiswa program studi  Pendidikan dokter (HMPPD) beserta Badan Semi Otonom-nya (BSO Rhazes Medical Team, BSO Calvaria, BSO Averroes). Semua ORMAWA juga mendirikan stand booth didepan ruangan acara sebagai bentuk pengenalan secara visual, para mahasiswa organisasi ini memajang atribut khas masing-masing organisasi mereka, dan ada juga yang berjualan makanan.

Siang harinya, dilaksanakan penyampaian materi Character Building oleh Letnan Kolonel Arh Sriyanto, S.Sos., M.H., M.M. dengan tema “Penguatan Jiwa Kepemimpinan dan Komitmen Kebangsaan Sebagai Upaya Memperkokoh Prinsip Mederasi Beragama”. Kegiatan dipandu oleh moderator Naila Riezqi S. yang mana juga merupakan ketua panitia PBAK 2023. Dalam menyampaikan materinya letnan kolonel Sriyanto sesekali disela-sela pembahasan menyorakkan jargon nakula muda PBAK FKIK bersama peserta mahasiwa baru. Diakhir penyampaian materinya letnan kolonel Sriyanto menyampaikan bukti jika seseorang dikatakan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik “Jika anda bekerja dengan semangat sesuai skala prioritass dan percaya diri serta mempu memberikan pengaruh bermanfaat bagi orang lain adalah bukti anda sudah memiliki jiwa kepemimpinan” ujar letnan kolonel Sriyanto. Diakhir sesi, para mahasiswa baru antusias melaksanakan tanya jawab kepada pemateri. dr. Alvi Milliana, M.Biomed selaku Penanggung Jawab Kegiatan PBAK 2023 memberikan vandal dan sertifikat kepada letnan kolonel Sriyanto.

Kemeriahan acara terus berlanjut hingga penghujung acara agenda penutupan dan pengumuman peserta maba terbaik putra dan putri serta kelompok terbaik, dimana penutupan ini dihadiri oleh Dekan, pimpinan fakultas dan program studi. Masyayu Maysa Az Zahra terpilih sebagai peserta terbaik putri dan Raden Moch Satrio Siliwangi Syariffatihmulia Negara terpilih sebagai peserta terbaik putra, penyerahan hadiah vendel peserta terbaik diserahkan langsung oleh dekan FKIK Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW.,M. Kes.,Sp.Rad(K), dan untuk kelompok terbaik dan teraktif dimenangkan oleh kelompok 6 Mikrobiologi dimana penyerahan hadiah diberikan oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, SF., M.Kes.

Diakhir setelah penutupan, peserta mahasiswa baru sangat antusias berkontribusi untuk tampil di depan panggung menampilkan bakat-bakat mereka secara berkelompok seperti bernyanyi, musikalisasi puisi, parodi drama pendek, bermain gitar dan bermain drum online. 

Kontributor : Susi Fatma (Pers FKIK),  Fotografer : Sie Media Publikasi-IT PBAK 2023, Editor : Fathia (Humas FKIK)