PBAK FKIK UIN Malang 2023 Usung Tema Aktualisasi Diri Menuju Nakula Muda Berdikari

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Rabu, 23 Agustus 2023 telah dilaksanakan acara penyambutan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang di Aula Lantai 4 Gedung Rumah Singgah Kampus 2 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Terdengar antusias sorakan gemuruh kemeriahan dari mahasiswa baru saat pembukaan mengambarkan semangat mereka mengikuti acara tersebut. Acara yang biasa dikenal dengan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tersebut bertajuk “TAARUF” yang merupakan akronim dari Tur Almamater dan Akademik Mahasiswa Baru FKIK. Taaruf tahun ini mengangkat tema Aktualisasi Diri menuju NAKULA Muda Berdikari. “Tema kegiatan aktualisasi diri menuju nakula muda berdikari ini diangkat sebagai sebuah harapan lahirnya generasi tenaga kesehatan ulul albab yang kreatif, inovatif dan adaptif dalam membangun peradaban Islam bidang kesehatan kedepannya” ujar ketua pelaksana, Naila Riezqi S.

Sambutan Ketua Pelaksana
Sambutan Ketua SEMA FKIK
Sambutan Ketua DEMA FKIK
Sambutan Dekan FKIK

Kegiatan PBAK FKIK UIN Malang kali ini dihadiri lengkap oleh jajaran pimpinan fakultas dan program studi serta turut mengundang 11 orang kepala unit maupun perwakilan dari unit fakultas serta Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FKIK. Dekan FKIK UIN Malang Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P.W., M. Kes., Sp.Rad(K) dalam pidato sambutannya juga menyampaikan bahwa acara PBAK Fakultas ini merupakan acara wajib tiap tahun sebagai bentuk sarana penyambutan mahasiswa baru, serta ajang untuk memperkenalkan budaya akademik fakultas secara menyeluruh. “Kita di FKIK ini harus memiliki inovasi dan lebih kreatif baik itu secara akademik dan non akademik dan saya mengingatkan untuk maba kedepannya usahakan lulus tepat waktu serta bersikap profesional terhadap plihan yang telah kalian pilih walaupun kalian merasa terlanjur masuk kedokteran, dan sudah terlanjur masuk farmasi harus tetap berjuang dan semangat” pungkas Prof. Yuyun. Ketua SEMA M. Abdulloh Umar dan Ketua DEMA M. Razzaq Widagdo turut memberikan sambutan dan memberikan suntikan semangat untuk para mahasiswa baru FKIK UIN Malang.

Pembukaan Acara PBAK oleh Dekan FKIK beserta Pimpinan Fakultas dan Prodi
Pemakaian Jas Almamater untuk Mahasiswa Baru
Pemandu Acara bersama Maskot PBAK, Naku dan Ula
Mahasiswa Baru FKIK 2023

Acara ini berlangsung sejak pukul 08.00 hingga sore hari. Secara garis besar kegiatan PBAK pada hari pertama yakni pembukaan, kemudian sharing session bersama pimpinan fakultas yang dipandu oleh Fitriyani yang mana membahas materi pengenalan akademik oleh wakil dekan 1 bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, SF., M.Kes., pengenalan kebijakan dan layanan keuangan oleh Wakil Dekan 2 bidang AUPK Bapak Ach. Nasichuddin, MA. serta pengenalan layanan kemahasiswaan, kerjasama dan Sosialisasi SKKM oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dr. Alvi Milliana, M.Biomed. Setelah sharing session bersama pimpinan fakultas, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan 11 unit pengembangan fakultas yakni Unit Penjamin Mutu (UPM), Unit Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (UPPM), Unit Komisi Etik Profesi, Komisi Etik Penelitian Kesehatan, Unit Humas Dan Protokoler, Unit Medical Health Professional Education (UMHPE), Unit Pengembangan Keunggulan Fakultas, Unit Kemahasiswaan Dan Alumni, Unit Pengembangan SDM, Unit Kerjasama Dan Hubungan Internasional, serta Unit Pembinaan, Pelayanan Dan Perlindungan Kesehatan (P3K).

Sesi berikutnya diadakan pengenalan masing-masing program studi yang ada dilingkungan FKIK. Untuk kegiatan pengenalan Prodi Farmasi dan Pendidikan Profesi Apoteker dilaksanakan di Aula lantai 4 rumah singgah sedangkan Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter dilaksanakan di Gedung Ibnu Thufail.

Kegiatan pada hari pertama diakhiri dengan agenda tour kampus di kampus 3 UIN Malang yang dipandu oleh duta fakultas atau paguyuban safir safirah FKIK UIN Malang 2023.

Kontributor : Susi Fatma Y. (Pers FKIK) , Fotografer: Tim Medpub-IT PBAK 2023 ,  Editor : Fathia (Humas FKIK)