UMHPE menggelar Lokakarya Persiapan Program IPE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menggelar Lokakarya Persiapan Program Interprofessional Education (IPE), pada hari Senin 14 Agustus 2023.  Kegiatan berlangsung di aula serbaguna lantai 1 Gedung Ibnu Thufail Kampus 3 UIN Malang.  Kegiatan yang digawangi oleh Unit Medical and Health Professional Education berkolaborasi dengan Unit Kesehatan Haji ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan, para Kepala Puskesmas serta Pengelola CJH kota Batu.

 

IPE sendiri merupakan sistem pendidikan yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) agar diterapkan di berbagai perguruan tinggi kesehatan di seluruh dunia. IPE di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang itu melibatkan dua Program Studi yang berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) yakni Program Studi Farmasi dan Pendidikan Dokter. FKIK UIN Malang memiliki ke-khusus-an tersendiri dimana IPE yang dilaksanakan yakni berbasis kesehatan haji.

 

Materi yang disampaikan adalah seputar Pemaparan Peran DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), Supervisor, Pendampingan Puskesmas serta Penilaian IPE.  Selain itu juga Pemaparan Program Pembinaan CJH Masa Tunggu dan Keberangkatan di Kota Batu, Diagnosis keluarga, Penetapan Prioritas Masalah Kesehatan, Pemilihan Program, Media, produk PJBL, sehingga program ini diharapkan dapat membantu CJH mencapai kondisi istitha’ah (mampu) khususnya istitha’ah dalam aspek kesehatan.