Bawa Nama Baik AMSA-UINMA di Kancah Internasional, Inilah Kisah Sabila dalam Ajang Asian Medical Students’ Exchange Programme Indonesia x Malaysia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Tak henti-hentinya mahasiswa FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menoreh prestasi bahkan telah melakukan program exchange ke luar negeri. Salah satunya datang dari Mahasiswa Pendidikan Dokter angkatan 2020 yakni Sabila Rosyidah Wibawa Putri. Di tengah kesibukannya mengatur waktu kuliah sebagai mahasiswa, Sabila juga merupakan aktivis organisasi sebagai general secretary di Asian Medical Students’ Association (AMSA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Di akhir masa jabatannya, Sabila berhasil mewujudkan impiannya untuk mencari pengalaman pada kegiatan internasional yakni Asian Medical Students’ Exchange Programme Indonesia x Malaysia dengan harapan dapat membawa nama baik AMSA-UINMA.

Momen Sabila di Asian Medical Students’ Exchange Programme Indonesia x Malaysia

Rangkaian seleksi yang diikuti Sabila hingga 20 orang yang akhirnya terpilih untuk berangkat ke Malaysia. Tidak ada hambatan yang berarti selama mengikuti kegiatan ini, persiapan telah dilakukan melalui virtual meeting jauh sebelum keberangkatan. Tak sekadar untuk mengikuti kuliah dari kampus penyelenggara program exchange ini, Sabila juga memperoleh pembelajaran dari program kemanusiaan yang diikuti mulai dari mengenal sosial budaya negara lain dan bahkan peningkatan soft skill. Banyak sekali manfaat yang Sabila dapatkan dari program exchange ini, sebagai contoh yakni tentang pengetahuan akan perbedaan sistem pendidikan kedokteran yang ada di Malaysia dengan Indonesia.

Penyerahan Sertifikat Acara kepada Delegasi Mahasiswa

Semangatnya selama mengikuti program exchange ini terlihat saat Sabila menyelesaikan semua tugasnya sebelum pergi ke Malaysia dan tetap mengerjakan tugas-tugas kuliahnya meskipun melalui online. Saat pulang ke Indonesia pun Sabila bertanggung jawab untuk mengerjakan semua tugas kuliahnya yang sempat tertunda. Kesempatan yang begitu indah telah terlaksana pada diri Sabila. Dia berharap semoga teman-teman FKIK dapat mengikuti kegiatan internasional semacamnya untuk dapat meningkatkan kemampuan diri serta tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada karena waktu tidak dapat diputar kembali. 

Kontributor: Novia Vivin Safitri (Farmasi 2020); Reporter: Ahmad Taufiqurrahman Al Rosyid (PSPD 2020)