Cegah Hipertensi dan Diabetes pada masyarakat, AMSATYA MENGABDI Adakan Penyuluhan Gratis

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

AMSA UIN Malang yang beranggotakan mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang tersebut adakan penyuluhan dan pemeriksaan gratis terkait hipertensi dan diabetes melitus pada masyarakat melalui program AMSATYA MENGABDI. Program kolaborasi mahasiswa , dosen dan ibu PKK setempat sukses gelar penyuluhan di Dusun Banjar Tengah, Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2023 ini merupakan lanjutan dari rangkaian Amsatya Mengabdi yang digelar pada 13 Desember 2022 lalu, yang merupakan salah satu proker unggulan AMSA UIN Malang berupa kegiatan amal bakti. Tujuan diadakannya kegiatan ini tak lain sebagai bentuk abdi dan bakti dengan memberikan edukasi pada masyarakat, serta sebagai bentuk pelatihan tersendiri bagi para anggota AMSA agar nantinya kian siap terjun langsung ke masyarakat sebagai tenaga kesehatan.

Penyuluhan pada kegiatan ini diisi materi oleh beberapa dosen FKIK UIN Malang sendiri. dr. Riskiyah, MMRS, salah satunya yang turut andil membawakan materi tentang Hipertensi. Kemudian Ibu Larasati Sekar Kinasih, S.Gz.,M. Gz, yang berkontribusi pada materi terkait Diet mencegah diabetes melitus. Tak hanya itu, beliau juga berbagi tips diet sehat pada masyarakat terutama pada remaja yang sering terjerat diet yang tidak cocok bagi mereka. Setelah penyuluhan, panitia Amsatya Mengabdi, yang berupa anggota AMSA UIN Malang pula, memfasilitasi pemeriksaan kesehatan berupa tes tekanan darah, POCT, dan lainnya untuk masyarakat dengan dibawah pengawasan dokter dan dosen tentunya.

Tak hanya menyediakan penyuluhan dan pemeriksaan tentang hipertensi dan diabetes, Amsatya Mengabdi turut hadirkan penyuluhan dan pemeriksaan tentang kanker payudara. Sosialisasi ini dilaksanakan di hari berikutnya, tepatnya pada tanggal 5 Maret 2023. Materi ini disampaikan oleh dr. Shanaz Hanani Tazuyyun dan dr. Tsalsa Dzikria Savira, selaku alumnus Program Studi Pendidikan Dokter UIN Malang angkatan pertama.

Dengan keantusiasan masyarakat pada kegiatan bakti di desa ini, diharapkan memberikan manfaat kedepannya dan membuka mata masyarakat agar lebih sadar pada pola hidup sehat untuk diri sendiri, keluarga, dan orang lain.

Sesi foto bersama dengan hand sign AMSA