Warek 4 UIN Malang Kunjungi FKIK dalam Rangkaian Roadshow Sosialisasi Kebijakan Kerjasama

Kamis (04/10/2021), Bertempat di Ruang Kuliah 4 Gedung Al Biruni FKIK UIN Malang telah dilaksanakan Pemaparan Program dan Kebijakan Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Kelembagaan oleh Dr. Isroqunajah (Senin, 4/10/2021). Peserta dalam kegiatan ini yaitu Wakil Rektor 4 dan jajarannya, Dekan FKIK dan para Wakil Dekan, Kaprodi dan Sekprodi Program Studi, serta Unit Humas, Protokoler dan Kerja Sama FKIK. Kegiatan ini merupakan program dari wakil rektor untuk mensosialisasikan program, ide pengembangan, dan kebijakan untuk akselerasi tercapainya program prioritas kepada fakultas-fakultas yang berada di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selain itu tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memadu padankan data dari universitas dengan data yang dimiliki oleh fakultas.

Acara diawali oleh sambutan dari Dekan FKIK, Prof. Dr. dr. Yuyun Yuniewati P.W, M.Kes., Sp.Rad.(K). Beliau berharap agar kerjasama yang telah terjalin dengan pihak dalam negeri maupun luar negeri dapat berjalan dan dapat terpantau dengan baik. Prof Yuyun juga melaporkan bahwasanya fakultas telah melaksanakan penandatangan perjanjian kerjasama terbaru dengan RSU Karsa Husada Kota Batu dan RSJ dr. Radjiman Widiodinigrat Lawang.

Gus Is, sapaan Bapak Wakil Rektor 4, memaparkan pentingnya penguatan dan peningkatan kerjasama antara institusi baik dengan Perguruan Tinggi, Industri, maupun lembaga lain. Implementasinya adalah dengan menjalin kerjasama dengan mitra setidaknya 10 perguruan tinggi bereputasi internasional baik swasta maupun negeri dan perguruan tinggi yang masuk dalam kelas rangking dunia agar dapat membantu persiapan universitas untuk masuk dalam kelas ranking dunia. Tidak hanya perguruan tinggi, kerjasama dengan lembaga perankingan perguruan tinggi kelas dunia (QS-WUR, Webometric, Unirank) dan perankingan nasional (ESMS, dll) diperlukan untuk tujuan pendampingan dan pengiriman tenaga ahli. Kerjasama yang telah terjalin selama ini yaitu berupa kolaborasi riset, internship, pengembangan Human Resources. Gus Is berharap agar nantinya akan ada kerjasama dalam bidang bisnis.

Banyak ide pengembangan kelembagaan yang dipaparkan oleh bapak wakil rektor seperti pemberdayaan intangible asset, penunjukan PIC untuk setiap MoU untuk mengawal dokumen dan implementasi kerjasama, optimalisasi penggunaan website, promosi program dengan mitra luar negeri, terhubungnya website fakultas dengan universitas serta inisiasi kerjasama dan optimalisasi kerjasama yang sudah ada. Untuk kerjasama di FKIK saat ini yang aktif yaitu 83% dan perlu ada tindak lanjut untuk kerjasama yang telah expired. Nantinya akan ada blue print yang jelas dalam bentuk buku pedoman kerjasama untuk meluruskan alur kerjasama dan penertiban administrasi. dr. Alvi Milliana, M.Biomed, selalu Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyampaikan adanya buku pedoman kerjasama nantinya bermanfaat sebagai acuan untuk melengkapi keperluan administrasi, korespondensi, MoU, laporan kegiatan dan bermanfaat untuk akreditasi.

(Kontributor : Fathia  β€“ Humas FKIK, Editor: Novia Maulina)