MIDBRAIN 2020 Online Sukses Diselenggarakan di Tengah Pandemi

MIDBRAIN 2020 Online Sukses Diselenggarakan di Tengah Pandemi

Sabtu (31/10/2020) telah digelar acara Grand Final Medical Scientific Competition and Award of UIN Malang (MIDBRAIN) 2020 sebagai puncak dari serangkaian kegiatan kompetisi sains berskala nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter (HMPPD) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara tersebut berlangsung dengan sukses meskipun dilaksanakan secara daring di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Terdapat dua cabang perlombaan yang dikompetisikan pada MIDBRAIN kali ini, antara lain adalah lomba poster ilmiah dan lomba penulisan essay ilmiah. Keduanya harus sesuai dengan tema yang diusung pada tahun ini, yakni “Holistic Approach to Suppressing Geriatric Disease for Health and Well Being Among Pilgrims” dengan beberapa subtema yang berfokus untuk meningkatan kesehatan bidang geriatri dan juga calon jamaah haji Indonesia. Sejak dibuka pada Juli (13/07/2020) sampai dengan Oktober (07/10/2020) jumlah pendaftar yang mengirimkan karyanya mencapai total 85 peserta mahasiswa kedokteran dari 27 universitas di seluruh Indonesia. Seluruhnya melalui proses penjurian yang ketat hingga akhirnya diperoleh 10 tim finalis poster publik dan 10 finalis essay ilmiah.

Grand Final MIDBRAIN 2020 dibuka dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana, Muhammad Kemal, dan Ketua HMPPD Adithya Wishnu. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Prodi Pendidikan Dokter dr. Ana Rachmawati, M. Biomed., dan terakhir adalah sambutan dari Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr.dr. Yuyun Yueniwati M.Kes Sp.Rad(K) sekaligus membuka secara resmi acara puncak MIDBRAIN 2020. Dalam sambutannya, dr. Ana berharap agar acara seperti MIDBRAIN ini dapat terselenggara secara konsisten setiap tahunnya sehingga dapat meningkatkan semangat dan optimisme mahasiswa dalam berkarya serta terus mengupgrade kemampuan yang dimilikinya.

Turut hadir dalam Grand Final MIDBRAIN 2020, dr. Christyaji Indradmojo, Sp.Em, Dr. Zainabur Rahmah, M.Si, dr. Rizal Novianto, M.HPE, dr. Abdul Malik Setiawan, M. Infect. Dis., dr. Tias Pramesti Griana, M. Biomed, dan drg. Anik Listiyana, M. Biomed. yang bertindak selaku dewan juri pada kegiatan tersebut. Grand Final MIDBRAIN ditutup pada pukul 11.00 WIB setelah pengumuman para pemenang. Dengan suksesnya penyelenggaraan MIDBRAIN 2020 ini, diharapkan dapat membawa dampak positif yang luas baik untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter UIN Malang maupun untuk mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia.

(Nadia Alfi Syarifah_Sekretaris MIDBRAIN 2020)