Pemilihan Duta Kampus Safir Safirah FKIK UIN Malang 2024

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Pemilihan Duta Kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) 2024 telah mencapai tahap grand final. Setelah melalui berbagai tahapan Proses seleksi yang panjang dan kompetitif yaitu Penyisihan, Wawancara, tes Bakat, FGD serta seleksi tahap 1&2 untuk menentukan 12 Finalis yang merupakan perwakilan dari angkatan 23-21 jurusan Farmasi dan Kedokteran FKIK UIN Malang, untuk melanjutkan ke tahap grand final memperebutkan gelar Safir dan Safirah FKIK UIN Malang 2024.

Sebelum memasuki tahapan Grand Final, Finalis telah melakukan berbagai pembinaan pada karantina 1&2 untuk mencetak perwakilan fakultas yang cerdas, intelektual dan berkepribadian Ulul Albab. Terdapat 3 pemateri pada karantina 1 yaitu Khoirunnisa, S.I.Kom., C.PS, CECS Putri Hijab Indonesia 2021 – Jawa Timur III yang memberikan pembinaan Public Speaking, dr Alvi Milliana, M.Biomed selaku Wakil Dekan 3 dalam materi Kefakultasan, serta Jhonatan Megha Andriawan dengan materi Kedutaan & Manner.

Pada Sabtu 8 Juni 2024, Finalis melaksanakan Grand Final di Aula Lantai 5 gedung Rektorat UIN Malang. Pada acara ini dihadiri oleh bpk Ach Nasichuddin M.A selaku Wakil Dekan 2, dr. Iwal Reza Ahdi, Sp. PD, dr. Putri Wulan Akbar, M. Ked. Trop. selaku ketua dan sekretaris Prodi Profesi Dokter beserta jajarannya, Apt. Novia Maulina, M.Farm selaku Ketua Humas FKIK, Kasubbag Humas UIN Maliki Malang M. Fatkhul Ulum S.pd.I, beserta Larasati Sekar Kinasih, M.Gz & Meilina Ratna Dianti, S.Kep.,NS.,M.Kep. selaku pembina Safir-safirah FKIK. Para duta kampus dari Univ juga turut hadir bersama dengan, duta Fakultas FKIK, SAINTEK dan Psikologi, Tarbiyah, Syariah, serta tamu undangan lainnya. Selain itu terdapat 3 Juri pada pelaksanaan Grand Final yaitu dr Alvi diMilliana, M.biomed, bpk Yossi Indra Kusuma S.Ked., M.Med., Ed serta Khoirunnisa, S.I.Kom., C.PS, CECS.

Pada sesi sambutan dr Alvi selaku Wakil Dekan FKIK  “Selain cantik, tampan dan cerdas, para finalis juga harus memiliki simpati dan kepekaan sosial pada sekitar kita serta behavior sebagai duta kampus. Saya berharap duta kampus ini akan memberikan inspirasi untuk seluruh mahasiswa yang ada di kampus dan juga berguna untuk masyarakat, karena seperti selogannya, sekali mengabdi, selamanya menginspirasi”, pungkasnya.

Sebagai pembukaan acara, para finalis menyambut dengan Opening Dance. Kemudian para finalis melakukan parade serta opening speech.  Pada rangkaian acara grand final juga diiringi lagu dari Band FKIK the Rain Ways,

Pemilihan Duta Kampus UIN Malang 2024 ini menunjukkan bahwa FKIK UIN Malang memiliki potensi yang sangat besar dalam menghasilkan delegasi yang berprestasi dan berwawasan. Larasati Sekar Kinasih, M.Gz, sebagai pembina Safir & Safirah FKIK UIN Malang, sangat mendukung pemilihan safir-safirah ini karena merupakan ilmu baru bagi para peserta serta untuk memberikan mereka wawasan mengenai kefakultasan dan kepemimpinan di FKIK.

Khoirunnisa, S.I.Kom., C.PS, CECS. Selaku juri eksternal menyampaikan rasa takjubnga terutama terdapat live musik yang sinergi dari mahasiswa dan civitas kampus, selain itu terlihat perbedaan dari para safir-safirah yang sangat menyala dimana mereka berusaha menyampaikan usaha terbaik mereka, dan beliau yakin mereka merupakan pionir untuk Indonesia emas 2045.

“Acara ini sangat bagus untuk menggali potensi bakat mahasiswa, ini adalah media pembelajaran untuk para peserta gunakan kesempatan sebaik-baiknya”, ujar Bpk Nasich padansesi wawancara

dr Ermin Rachmawati M.Biomed selaku tamu undangan menyatakan rasa bangganya terhadap acara ini, karena pemilihan Safir-safirah ini merupakan program untuk branding FKIK UIN Malang, sehingga dapat menarik minat adik-adik dan masyarakat di luar nanti, bahwa disini bukan alhanya mengembangkan akademik tetapi juga talenta-talenta mahasiswanya.

Pada sesi wawancara Rahid Ali M. Winner dari Duta Kampus Safir-safirah 2024 mengungkapkan “tentu saja senang sekali, dan tidak menyangka karna bisa menjadi winner safir safirah 2024. dan saya merasa bangga telah menjadi bagian dari paguyuban safir safirah karena disini saya dapat menambah pengetahuan saya mengenai fkik, pengetahuan tentang kedutaan, serta tentang isu-isu kesehatan.

Dengan demikian, FKIK UIN Malang telah menunjukkan kemampuan dan kualitasnya dalam menghasilkan delegasi yang berprestasi dan berwawasan, serta berharap dapat memberikan contoh dan inspirasi kepada banyak orang, terutama kepada mahasiswa FKIK UIN Malang.

 

Kontributor: Raina Habibatul Haq