Kunjungan Daewoong Pharmaceutical Korea Selatan Jajaki Kolaborasi Riset dengan FKIK UIN Malang & RSUD Karsa Husada Batu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Batu 30 Mei 2024. Daewoong Pharmaceutical Korea Selatan adalah sebuah perusahaan farmasi Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1945. Perusahaan ini berfokus pada pengembangan, produksi, dan komersialisasi obat-obatan, serta memiliki berbagai kepentingan bisnis di bidang bioteknologi dan kesehatan. Daewoong Pharmaceutical memperluas operasinya secara global dengan membangun kerjasama di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Salah satu kerjasama Riset yang saat ini yaitu dengan FKIK UIN beserta RS Karsa Husada Batu selaku Rumah sakit pendidikan Kedokteran UIN Malang.

Setelah dilakukan pertemuan pada 2 Mei melalui Zoom meeting bersama Riset Grup Cardiovasmet yang diketuai oleh Dr.dr Ermin Rachmawati , Daewoong Pharmaceutical Company dari Korea Selatan memutuskan untuk melakukan kunjungan ke Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) Malang. Sebanyak 3 orang perwakilan Daewoong Pharmaceutical Company yaitu Kwon Daniel, Lee JungHyun dan Winston Obert.

Kunjungan ini diawali dengan perjalanan ke Shalimar-Halal Center di Kampus 1 UIN Malang, beberapa Laboratorium Program Studi Biologi di Fakultas Saintek, kemudian kunjungan di lanjut menuju ke RS Karsa Husada Batu dengan diiringi oleh tiga perwakilan anggota grup riset FKIK, yakni Dr.dr.Ermin Rachmawati Mbiomed, dr. Tias Pramesti Griana M. Biomed, dan Ibu Larasati Sekar Kinasih M.Gz.dan melakukan diskusi bersama Dokter-dokter perwakilan.

Tujuan utama kunjungan adalah Kampus 3 FKIK UIN Malang. Perwakilan Daewoong Company melakukan kunjungan ke laboratorium TF, steril, Farmasetika, mikrobiologi, riset, dan kedokteran in vivo. Selain itu, mereka juga melakukan pengecekan kualifikasi, aktivitas penelitian, dan instrumen.

Acara inti adalah diskusi mengenai Kolaborasi Riset ini dihadiri oleh Dekan FKIK Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati, M.Kes, Sp.Rad (K), Wakil Dekan II yaitu Ach. Nashichuddin, MA, Pimpinan Prodi di lingkungan FKIK dan anggota riset grup. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan meningkatkan kualitas di bidang kedokteran serta inovasi dalam industri farmasi.

Kontributor : Raina Habibatul Haq & Muhammad Alauddin Isyrafi