FKIK UIN Malang Jajaki Osaka University: Langkah Menuju Kolaborasi Internasional

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UINMA) tengah menjajaki peluang kerjasama dengan Osaka University, Jepang.  Pertemuan perdana antara FKIK UIN Malang dengan Osaka University berlangsung pada Senin (27/5/2024) di Departemen Bioteknologi Osaka University, Jepang. Pertemuan ini diwakili oleh Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW, Sp. Rad (K.) sementara dari pihak Osaka University hadir Dr. Sastia Prama Putri, Ilmuwan & Associate Professor Departemen Bioteknologi Osaka University. Beliau merupakan warga negara Indonesia yang melanjutkan kiprahnya sebagai akademisi sekaligus peneliti tentang metabolomik di Osaka University.

Penjajakan kerjasama ini diharapkan dapat segera menghasilkan kesepakatan konkret yang akan dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) sehingga dapat melaksanakan penelitian atau publikasi bersama. Kesepakatan ini diharapkan akan menjadi landasan kuat bagi pelaksanaan program tri dharma perguruan tinggi yang terdiri dari tiga pilar yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

Dengan adanya kerjasama ini, FKIK UIN Malang berkomitmen untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan dan risetnya, serta memperluas jaringan internasional. Hal ini guna mendukung visi menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan integratif dalam memadukan sains dan islam yang bereputasi internasional.

Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya FKIK UIN Malang untuk terus berinovasi dan berkembang, seiring dengan tuntutan zaman yang semakin kompleks dan dinamis. Prof Yuyun berharap, nantinya akan banyak dosen dan mahasiswa yang mendapatkan manfaat dari kerjasama ini, baik melalui penelitian yang akan dilakukan di Jepang ataupun kunjungan Dr. Sastia Prama Putri melalui program Guest Lecture.