Puncak Program Internasional FKIK UINMA Ditutup dengan Acara Farewell Berkolaborasi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Batu, 25 November 2023 merupakan kelanjutan Hari ke 3 dari International Student Health Related Inbound Program (ISHIP). Acara diawali dengan pembukaan International Symposium in Health and Medicine (SHIAM) 2023 yang bertemakan “Update in Evidence-Based Emergency Medicine” yang diikuti oleh seluruh delegasi Internasional ISHIP dan terbuka untuk umum.

Penyelenggaraan SHIAM 2023 Dilakukan secara daring maupun luring yang bertempat di Auditorium Rumah Singgah Kampus 3 UIN Malang, dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Terdapat 4 materi utama yang dibawa pada kegiatan SHIAM. Materi pertama dibawa oleh Professor Matthew HueiMing Ma, MD, Ph.D. (Chain of Survival in Taipei: A 20-year Odyssey), materi kedua oleh Dr. Aurick Yudha Nagara, Sp.EM, KPEC. (Cardiogenic Shock Management: Basic Life Support in Daily Practice), materi ketiga dibawa oleh Dr. dr. Ermin Rachmawati, M.Biomed. (Understanding Molecular Atherosclerosis, Cardiac Response and Adaptation in an  Emergency Case: Coronary Heart Disease) dan materi yang terakhir dibawa oleh Associate Professor Dr. Ezamin Bin Abdul Rahim. (The Role of AI in Managing Emergency: Potential Benefits, Risk, and Recommendation).

Selain mendapatkan materi dari simposium, delegasi Internasional juga berkesempatan untuk simulasi langsung mengenai Life Basic Supportdi ruang Clinical Skill Kampus 2 UIN Malang dan tour campus Gedung Ibnu Tufail Program Studi Pendidikan Dokter.

FKIK juga menggelar farewell party yang bekerja sama dengan Correlation Farmasi sebagai acara puncak dari ISHIP. Acara tersebut dihadiri oleh apt. Abdul Hakim, MPI., M.Farm. selaku Kaprodi Farmasi, apt. Hajar Sugihantoro, MPH. selaku Sekprodi Farmasi, dr. Putri Wulan Akbar, M.Ked.Trop selaku Sekprodi Profesi Dokter, dr. Tias Pramesti Griyana, M.Biomed selaku Kaprodi Pendidikan Dokter UIN Malang, Yossi Indra Kusuma, S.Ked., M.Med.Ed selaku Sekprodi Pendidikan Dokter sekaligus pembina kegiatan ISHIP, perwakilan dosen dan tenaga kependidikan civitas akademika FKIK UINMA serta seluruh delegasi Internasional dengan menggunakan Pakaian Tradisional dari negara masing-masing.

Farewell dimulai pukul 18.00 WIB yang diawali dengan penampilan tari topeng yang dibawakan oleh Mahasiswi PSPD UIN Malang dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kaprodi Pendidikan Dokter, “Dari acara ISHIP 2023 ini, saya berharap seluruh peserta mendapat pengetahuan yang luas mengenai pertolongan dalam situasi darurat, sistem perawatan kesehatan, dan membangun hubungan yang bermakna dengan sesama peserta. Kita berharap kedepannya kita bisa menambah komunitas dengan negara lain” ujarnya. Setelahnya itu diadakan kegiatan simbolis penyerahan kenang-kenangan kepada seluruh peserta delegasi Internasional dan memberikan penghargaan kepada peserta terbaik dan kostum terbaik.

It is pleasure to be part of this event and honour for me especially today to win as a *Best delegate award*. I am very proud and thankful to the committee members and LOs especially who played tremendous role in success of this event. They provide us every services in our ups and downs. I will be happy in future to be part of such beautiful and fruitful event which enhance my knowledge and provide me opportunities to groom better especially in my medical field . In future i want to come again InshAllah”. Ujar Moh Ali selaku peserta terbaik asal Pakistan.

Kontributor: Raina Habibatul Haq (PSPD 22) dan Ahmad Taufiqurrohman Al Rosyid (PSPD 20) )TIM Pers FKIK 2023