Mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045, FKIK UINMA Gelar LKMMF X MTE TAHUN 2023

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kolaborasi event LKMMF dan MTE tahun ini mengangkat tema “Prepare Dedicated Human Resources To Develop Superior Skills And Leadership”. Menurut ketua pelaksana Arya Syahrul Ramadhan (Departemen PSDM DEMA FKIK UIN Malang) mengatakan LKMMF X MTE 2023 siap menjadi tempat bagi generasi muda untuk mewujudkan generasi emas indonesia 2045 karena dalam acara ini diharapkan peserta akan belajar banyak hal mengenai managerial, kerjasama, softskill serta berguru pada pemateri yang expert pada bidangnya.

Latihan Keterampilan Managerial Mahasiswa Fakultas (LKMMF) merupakan event rutin setiap tahun yang diadakan Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan UIN Malang untuk mahasiswanya dengan tujuan untuk membekali mahasiswa dalam keterampilan menyelenggarakan (manajemen) kegiatan mahasiswa dengan perencanaan dan sistematika yang baik. Serta, Meet The Expert (MTE) merupakan sebuah webinar yang ditujukan untuk melatih dan mempersiapkan kematangan profesional para mahasiswa FKIK UIN Malang di lapangan kerja nanti.

Pembukaan LKMMF X MTE 2023 diresmikan secara langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama yaitu dr. Alvi Milliana, M.Biomed. Pembukaan tersebut ditandai secara simbolis dengan prosesi pemukulan gong oleh dr. Alvi Milliana, M.Biomed yang didampingi oleh Arya Syahrul Ramadhan sebagai ketua pelaksana dan Razzaq Widagdo selaku ketua DEMA FKIK, serta diikuti dengan gemuruh tepukan antusias dari seluruh peserta. “jangan lupakan pengetahuan yang telah kalian dapat hari ini. Kalian akan merasakan manfaatnya tidak hanya dalam jangka waktu dekat, namun dalam jangka panjang, ketika kalian terjun di masyarakat knowledge dan kognitif yang tidak ada di kelas ini akan sangat berguna sebagai bekal menjadi next leader dan agent of change” pesan dari dr. Alvi Milliana, M.Biomed untuk mahasiswa yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Pembicara yang dihadirkan dalam event ini terlihat sangat luar biasa dengan berbagai macam pengalaman dan skill yang telah didapatkan selama berorganisasi. Pelatihan pertama terkait materi koorganisasian dibawakan oleh Zidni Ilmansyah sebagai KORWIL VII Fornassosmas BEM se-Indonesia periode 2022/2023. Hal yang dibahas oleh saudara Zidni meliputi penentuan goals, cara mengatur manajemen waktu, teknik berkomunikasi, dan cara mengatur manajemen konflik dalam organisasi.

Pelatihan kedua terkait materi grand desain disampaikan oleh bapak Yossi Indra Kusuma, S.Ked.,M.Med.Ed selaku sekretaris prodi Pendidikan Dokter dan ketua unit kemahasiswaan serta alumni, beliau menyampaikan dalam melakukan menajemen acara dibutuhkan research terlebih dahulu, lalu membuat desain acara dan mengembangkan planning berdasarkan desain acara.

Pembicara terakhir yang dihadirkan yaitu Dr. dr. Muhammad S. Niam, FINACS, M.Kes, Sp.B-KBD yang membawakan materi pelatihan dengan tema Building a successful career through healthy Islamic leadership. Beliau mengingatkan mahasiswa untuk mencapai sebuah karir yang sukses selalu libatkan Allah dalam proses itu dan bersyukur. “Untuk menggugah semangat mahasiswa khususnya mahasiswa baru saya rasa memang perlu memberikan gambaran dan pengalaman-pengalaman yang akan memberikan motivasi kepada mereka dalam mencapai sesuatu di perkuliahan nanti, menurut saya acara ini sangat bagus sekali, dan pesan saya jalankan tugas sebagai mahasiswa dengan baik seimbangkanlah akademik dan organisasi mu” Pesan Dr. dr. Muhammad S. Niam, FINACS, M.Kes, Sp.B-KBD.

Di penghujung acara terdapat sesi makrab malam Inagurasi yang melingkup pentas seni dari LSO SENIOR FKIK UIN Malang, sharing santai antara kakak tingkat dengan MABA, serta penampilan bakat dari masing-masing kelompok yang ditujukan untuk mempererat silahturahmi antar mahasiswa.

Muhammad Rahid Ali Muqoddas seorang mahasiswa Pendidikan Dokter memberikan tanggapan bahwa acara LKMMF X MTE 2023 terbilang sukses karna sangat banyak hal bermanfaat yang bisa dipraktekkan untuk kedepannya “saya merasa senang karena saya bisa menambah ilmu, bagaimana cara kita mengetahui basic dari organisasi, dan belajar menyusun step by step perencanaan program kegiatan, semoga kedepannya acara LKMMF ini tetap sukses dan bermanfaat menjadi wadah para mahasiswa dalam mencari ilmu untuk masa depan” ujarnya.

Kontributor : Susi Fatma Yulia (Tim PERS FKIK 2023)