FKIK UIN MALANG SUKSES GELAR YUDISIUM PERIODE II, PENGUCAPAN JANJI, DAN SERAH TERIMA DOKTER MUDA TAHUN 2023

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kamis (06 Juli 2023) merupakan momen bersejarah dan berharga bagi mahasiswa Fakultas kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Sebanyak 39 mahasiswa Sarjana Farmasi dan 6 mahasiswa Sarjana Kedokteran dikukuhkan dalam prosesi Yudisium periode kedua, pengucapan janji, dan serah terima dokter muda Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Yudisium dilaksanakan di Aula Serbaguna Gedung Ibnu Thufail kampus 3 UIN Malang. Selain para lulusan FKIK UIN Malang, acara pagi hari ini dihadiri oleh segenap tamu undangan, diantaranya Wakil Direktur Pelayanan RS Karsa Husada Batu dr. Benny Marcel P., Sp. OG, Ketua Komite Koordinasi Pendidikan RS Karsa Husada Batu, dr. Bambang Rishardana, Sp. B, Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P. W. M. Kes., Sp. Rad (K); serta segenap jajaran Wakil Dekan, Kaprodi, Sekprodi FKIK UIN Malang.

Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P. W. M. Kes., Sp. Rad (K), selaku dekan FKIK UIN Malang memberikan samburan serta ucapan selamat kepada para peserta Yudisium Periode Kedua, Pengucapan Janji, dan Serah Terima Dokter Muda FKIK UIN Malang. Beliau menyampaikan bahwa “Pada tahap yudisium ini bukan akhir dari suatu perjuangan dan perjalanan kalian, melainkan awal dari perjalanan karir kalian”. Beliau berharap bahwa sarjana lulusan FKIK UIN Malang dapat menunjukkan kepada FKIK dan UIN Malang dapat menjadi lulusan yang berjiwa ulul albab dan mampu menjalankan Visi UIN Malang yaitu Unggul, Bereputasi, Internasional.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Laporan Akademik dan Pembacaan SK Peserta Yudisium Terbaik oleh Prof. Dr. Apt. Roihatul Mutiah, S.F., M. Kes., selaku Wakil Dekan I Bagian Akademik FKIK UIN Malang. Dari keseluruhan 39 mahasiswa Sarjana Farmasi dan 6 mahasiswa Sarjana Kedokteran, terdapat jajaran nama Lulusan Terbaik Bidang Akademik Yudisium Periode II Tahun 2023 FKIK UIN Malang diantaranya, Program Studi Farmasi diraih oleh Elsa Iftita Ainina S.Farm. (IPK: 3,75), Nariswari Lutfi Nabila Kirana S.Farm. (IPK: 3,68), dan Shophy Salsabil Aqila S.Farm. (IPK: 3,67) serta Program Studi Pendidikan Dokter diraih oleh M. Nur Faizin S. Ked. (IPK: 3.55). FKIK UIN Malang juga mencetak nama-nama peraih prestasi nasional dan internasional. Penghargaan prestasi Non-Akademik diberikan kepada 5 Mahasiswa. Mahasiswa pertama adalah Irfan Yogik Ferdianiko S.Farm. sebagai Juara 1 World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2022, Best Idea, Best Delegate, Best Division Pertamuda Seed & Scale 2021, serta Finalis Duta Edukasi Jantung dan Pembuluh Darah Indonesia. Mahasiwa kedua Ria Indah Lestari S.Farm. sebagai Juara Gold Medal World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2022 dan Juara II Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) II PTKI Se-Indonesia. Mahasiswa ketiga Hidayatullah S.Farm. Juara I Lomba Cerdas Cermat Bursa Jamu. Mahasiswa keempat dan kelima adalah Cecelia Tsania Fanany S.Farm. dan Shophy Salsabil Aqila S.Farm. sebagai Juara Juara II Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) II PTKI Se-Indonesia.

Pengukuhan Peserta Yudisium dimulai dengan pembacaan nama berserta gelar, IPK, serta asal lulusan oleh MC. Pengukuhan Peserta Yudisium berlangsung secara khidmat serta berjalan dengan tertib dan lancar. Acara dilanjutkan dengan pidato dari Mahasiswa Terbaik Elsa Iftita Ainina S.Farm. yang menyampaikan “Terimakasih atas segala ilmu, pengetahuan, pengalaman, serta arahan yang diberikan kepada kami dengan tulus serta ikhlas. Mudah-mudahan semuanya terhitung menjadi amal jariyah di sisi Allah SWT dan ilmu yang telah kami peroleh dapat membawa manfaat dan keberkahan. Aamiin yaa robaal ‘aalamiin”.

Selain acara yudisium, terdapat pula acara pengucapan janji dokter muda untuk mahasiswa lulusan Program Studi Pendidikan Dokter yang di pandu oleh Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P.W., M.Kes., Sp.Rad(K). Janji dokter muda ini disaksikan secara langsung oleh pihak rumah sakit pendidikan utama, RSU Karsa Husada Kota Batu yang diwakili oleh Wakil Direktur Pelayanan RS Karsa Husada Batu dr. Benny Marcel P., Sp. OG, dan ketua Komkordik, dr. Bambang Rishardana. Kemudian dilanjutkan dengan serah terima Dokter Muda dan sambutan oleh wakil wahana pendidikan yaitu dari RS Karsa Husada Batu. Acara Yudisium Periode II, Pengucapan Janji, dan Serah Terima Dokter Muda FKIK UIN Malang ditutup dengan pembacaan doa oleh Bapak Ach. Nashichuddin, MA. serta diakhiri dengan sesi foto Bersama.