Unit Humas Protokoler dan Tim Pers FKIK Adakan Workshop Jurnalistik & Multimedia dengan tema “Meningkatkan Keterampilan Investigasi Jurnalistik: Menuju Berita yang Efektif dan Akurat”

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

FKIK UIN Malang menggelar acara Workshop Jurnalistik & Multimedia dengan tema “Meningkatkan Keterampilan Investigasi Jurnalistik: Menuju Berita yang Efektif dan Akurat”. pada Jumat, 23 Juni 2023. Kegiatan dilaksanakan di aula serbaguna gedung Ibnu Thufail mulai pukul 8 pagi sampai 3 sore. Workshop ini sekaligus ajang penjaringan tim Pers FKIK yang baru periode ketiga. Acara dihadiri oleh  Wakil Dekan 1 Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, SF.,M.Kes, undangan dosen maupun tendik dari unit-unit fakultas, serta para perwakilan ORMAWA FKIK.

Sambutan dan Pembukaan Acara oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, S.F., M.Kes.
Foto Bersama Pemateri Multimedia Ibu Miftakhul Mukarromatun Nisa' dan Ibu Wiwid, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik FKIK

Acara dibuka dengan lagu Indonesia Raya, Mars FKIK, dan hymne FKIK, pembacaan ayat suci al-Quran yang dilantunkan oleh Khoiron Nur Khoim (Farmasi 2020), serta sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ibu apt. Fathia Faza Rahmadanita, S.Farm., M.Farm.Klin. Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh narasumber, peserta dan tamu undangan atas kehadiran dan partisipasi dalam workshop. Ibu Fathia juga memaparkan bahwa maksud dan tujuan untuk meningatkan skill jurnalistik dan multimedia para mahasiswa, dosen maupun tendik. Beliau juga memaparkan tujuan tamu undangan adalah untuk menjalin kerjasama dalam hal pemberitaan kegiatan yang diselenggarakan oleh unit fakultas maupun ORMAWA FKIK

Sambutan selanjutnya sekaligus untuk membuka acara, disampaikan oleh Ibu Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, SF.,M.Kes. Kemudahan akses ilmu pengetahuan dari masa ke masa berkembang sangat pesat. Menurut Profesor Iha, workshop ini merupakan salah satu bentuk kemudahan memperoleh ilmu di era sekarang. Dulu, jika ingin mendapat ilmu harus berusaha lebih dengan berjalan jauh ke perpustakaan dan lain sebagainya. Profesor Iha berpesan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana memperoleh informasi sekaligus membagikannya kepada masyarakat luas. Acara pun resmi dibuka dengan lafadz basmalah bersama-sama.

Sesi Pertama Materi Multimedia

Materi multimedia dibawakan oleh Ibu Miftakhul Mukarromatun Nisa’ dibantu Ibu Wiwit SN yang dipandu moderator Sari Dewi Setyowati (Farmasi 2021). Dipaparkan dengan lugas mulai dari teknik pengambilan gambar sampai pengelolaan media sosial pada sesi ini. Salah satu fungsi sosial media adalah untuk menggiring audiens menuju laman website berita. Media sosial juga hadir sebagai strategi efektif untuk meningkatkan pencarian website hingga menjadi top search.

Sesi Kedua Materi Jurnalistik

Materi jurnalistik dibawakan dengan menarik oleh Bapak Nuri Hermawan, S.Hum., M.Hum. dan dipandu oleh moderator Azizah Azzahra (Farmasi 2021). Bapak Nuri menyampaikan bahwa di masa kini, fungsi media sosial telah mengalami pergeseran menjadi kontrol sosial, sumber informasi, serta memviralkan suatu fenomena terlebih dahulu daripada media massa. Dalam jurnalistik, terdapat beberapa proses mulai dari menentukan informasi atau peristiwa menarik, wawancara dengan mematuhi kode etik yang berlaku sampai kemudian dituangkan ke dalam ragam straight news report, feature story, atau sesuai kebutuhan.

Pemberian Vandel dan Sertifikat kepada Pemateri Multimedia Ibu Nisa' dan Ibu Wiwid oleh Ketua Unit Humas FKIK apt. Novia Maulina, M.Farm
Pemberian Vandel dan Sertifikat kepada Pemateri Jurnalistik Bapak Nuri Hermawan, M.Hum oleh Ketua Unit Kemahasiswaan Bapak Yossi Indra K, S.Ked., M.Med.Ed

Salah satu peserta pemenang doorprize, Amanda Milano (Farmasi 2021), menyampaikan dengan antusias ketertarikannya dengan digital marketing dan jurnalis kampus dalam workshop ini. Amanda mengapresiasi panitia yang cepat tanggap dan hidangan konsumsi yang lezat serta doorprize buku yang bermanfaat. Ia berharap, acara workshop tahun depan juga sekeren tahun ini. Suha (Farmasi 2020) yang juga menjadi salah satu peserta pemenang doorprize berharap workshop semacam ini ke depannya lebih sering diadakan karena bermanfaat untuk ORMAWA FKIK yang ingin memperkenalkan eksistensinya.

Foto bersama Penerima Doorprize Peserta Teraktif

Ketua pelaksana mahasiswa, Ahmad Taufiqurrohman Al-Rosyid (PSPD 2020), berharap ke depannya Tim Pers FKIK, lebih berkembang dengan manajemen yang lebih efektif dan efisien. Kerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti mahasiswa kedokteran, dosen, dan pihak administrasi fakultas, dapat memperkaya konten pers jurnalistik.

Selanjutnya, memanfaatkan platform media sosial dan situs web resmi fakultas dapat menjadi sarana yang efektif untuk menghadirkan konten pers jurnalistik kepada khalayak umum. Dengan melibatkan anggota tim pers yang berkompeten dan berdedikasi, serta melahirkan konten-konten informatif dan menarik, pers jurnalistik dapat menjadi media yang efektif dalam memperkenalkan FKIK UIN Malang kepada masyarakat luas.

Reporter & Kontributor : Rara Belinda (Farmasi 2021)