Darul Uloom School Satun Thailand Lakukan Kunjungan ke FKIK UIN Malang: Membangun Kedekatan dan Kerjasama Antar Negara

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Malang, Kamis (11/5/2023), Darul Uloom School Satun Thailand telah mengadakan kunjungan ke Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang dengan tujuan untuk mempererat hubungan dan menjalin kerjasama antara kedua lembaga. Kunjungan ini sekaligus memperkenalkan lebih dekat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang kepada delegasi dari Darul Uloom School, dimana siswa-siswinya memiliki minat dalam bidang kedokteran terintegrasi Islam di Indonesia serta memiliki nuansa pesantren didalamnya.

Pemberian Kenang-Kenangan dari FKIK untuk Darul Uloom School Satun Thailand

Delegasi terdiri dari lima siswa dan seorang guru pendamping yakni Ustadz Fauzi, yang merupakan orang asli Thailand dan mahir berbahasa Indonesia. Delegasi ini tiba di UIN Malang dengan penuh semangat. Selain berkunjung ke Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang, delegasi dari Darul Uloom School juga berkunjung ke LP2M UIN Malang, Kampung Inggris Pare, dan Bali.

Selama kunjungan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang, delegasi dari Darul Ulum School Satun Thailand berkesempatan untuk berdiskusi dan tanya jawab dengan Wakil Dekan 2, Ach. Nasichuddin, MA., Wakil Dekan 3, dr. Alvi Milliana, M.Biomed., Ketua Program Studi Pendidikan Dokter UIN Malang, dr. Tias Pramesti Griana, M.Biomed., Ketua Program Studi Farmasi apt. Abdul Hakim, MPI., M.Farm., dan Sekretaris Program Studi Profesi Apoteker apt. Alif Firman Firdausi, M.Biomed. Untuk memudahkan komunikasi langsung dengan tamu dari luar negeri, mahasiswa FKIK UIN Malang yang mampu berbahasa asing turut mendampingi para tamu dari Thailand. Setelah kegiatan tersebut, para tamu diajak berkeliling kampus untuk melihat langsung fasilitas dan suasana pembelajaran di FKIK.

Siswa-Siswi Thailand berkomunikasi dengan Mahasiswa FKIK

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (PkM) LPPM UIN Malang, Bapak Dr. H. Syaiful Mustofa, M.Pd., juga ikut serta dalam kunjungan ini guna memastikan kelancaran acara dan menjembatani komunikasi antara delegasi Thailand dan pihak universitas. Dimana sebelumnya beliau telah memiliki pengalaman dalam kerjasama dengan lembaga pendidikan di Thailand Kunjungan ini salah satu bentuk komitmen setelah UIN Malang mengirim enam belas mahasiswa untuk melaksanakan pengabdian masyarakat Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Thailand tahun 2022 lalu.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat kerjasama antara Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang dengan Darul Uloom School Satun Thailand. Selain itu, juga dapat meningkatkan jumlah mahasiswa internasional yang kuliah di UIN Malang sehingga visi kampus untuk menjadi institusi unggul dengan reputasi internasional dapat tercapai. Hal ini dapat membawa prestise bagi universitas serta meningkatkan pengakuan internasional terhadap UIN Malang sebagai salah satu kampus dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak.

Kunjungan dari Darul Uloom School Satun Thailand merupakan langkah awal dalam memperluas jaringan kerjasama antarlembaga pendidikan UIN Malang dan Thailand. Kerjasama ini meliputi pertukaran mahasiswa, penelitian bersama, program pengajaran lintas budaya, dan kegiatan kolaboratif lainnya. Dengan demikian, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang akan semakin terhubung dengan lembaga pendidikan internasional dan memperkaya pengalaman belajar para mahasiswanya.

Reporter : Ahmad Taufiqurrohman A (PSPD 2020)

Fotografer : Iqbal Ahmad Marzuqi (Farmasi 2021)

Kontributor : Ahmad Taufiqurrohman A (PSPD 2020), Rara Belinda (Farmasi 2021)

Editor : Ihromi Esa (Humas FKIK)