Dekan FKIK UIN Malang Teken Perjanjian Kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universiti Putra Malaysia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Selangor-Rabu (3/5/2023), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (FKIK UIN Malang) semakin pererat hubungan dengan Fakulti Perubatan dan Sains Kesihatan Universiti Putra Malaysia (FPSK UPM) melalui kerjasama yang ditandatangani oleh Dekan FKIK UIN Malang. Prosesi penandatanganan kerjasama dihadiri oleh Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW, M.Kes., Sp.Rad(K) dari FKIK UIN Malang dengan Profesor Dr. Rukman Awang Hamat dari FPSK UPM bertempat di gedung utama Faculty of Medicine and Health Sciences Universiti Putra Malaysia, Serdang, Selangor, Malaysia. Turut hadir dalam acara, Wakil Dekan III FKIK UIN Malang, dr. Alvi Milliana, M.Biomed., Sekretaris Prodi Profesi Apoteker FKIK UIN Malang, apt. Alif Firman Firdausy, S.Farm., M.Biomed, dan dr. Abdul Malik Setiawan, M.Infect.Dis dari Prodi Pendidikan Dokter FKIK UIN Malang, Prof. Madya Dr. Ezamin bin Abdul Rahim dari bagian Kerjasama FPSK UPM beserta jajaran petinggi dan staf UPM lainnya.

Suasana diskusi dan penyerahan dokumen kerjasama antara FKIK UIN Malang dan FPSK UPM Malaysia

Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan FPSK Universiti Putra Malaysia ini, menurut Prof. Yuyun merupakan momentum di mana FKIK dapat melanjutkan sekaligus mempererat hubungan baik yang telah terjalin antara UIN Malang dengan UPM. Kerjasama ini juga turut memberikan peluang untuk mengembangkan berbagai aspek termasuk bidang pengembangan SDM. “Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa UPM adalah salah satu universitas bereputasi internasional, dibuktikan dengan menempati ranking 123 dunia menurut QS-WUR pada tahun 2023, oleh sebab itu kerjasama ini akan dapat meningkatkan level FKIK UIN Malang apabila dimanfaatkan dengan baik”, kata Prof. Yuyun.

Penyerahan cenderamata oleh Dekan FKIK UIN Malang
Timbalan (Wakil) Dekan Bidang Penyelidikan dan Antarabangsa FPSK UPM, Profesor Dr. Rukman Awang Hamat, sedang memberikan paparan

Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FKIK UIN Malang, dr. Alvi Milliana, M.Biomed. mengungkapkan bahwa FKIK UIN Malang mendukung penuh terjalinnya kerjasama luar negeri.

“Kerjasama ini, bersifat saling menguntungkan para pihak, harapannya nanti kita bisa saling mengirimkan dosen maupun mahasiswa dalam bentuk exchange program maupun kuliah pakar. Perlu diketahui bahwa di tahun-tahun sebelumnya kita sudah memiliki pengalaman melaksanakan kegiatan-kegiatan dengan melibatkan dosen dan peneliti dari UPM. Ada sebagai narasumber seminar dan konferensi, kolaborasi riset, serta visiting professor program,” jelas dr. Alvi.

dr. Abdul Malik Setiawan (kiri) dan apt. Alif Firman Firdausy (kanan) menghadiri penandatanganan naskah kerjasama
Prof. Yuyun (kanan) dan dr. Alvi (kiri) bersama Prof. Sharida dari UPM yang pernah mengunjungi FKIK UIN Malang dalam rangka visiting professor

Profesor Dr. Rukman Awang Hamat selaku Wakil Dekan bidang Kerjasama FPSK UPM menyambut baik hubungan kerjasama yang berhasil dijalin dengan FKIK UIN Malang. Dalam paparannya, Prof. Rukman menyebutkan setidaknya ada tiga poin kerjasama yang dapat diwujudkan yakni dalam hal: Kuliah pakar, kolaborasi riset dan staff/student exchange.