Hari Pertama Forum Dekan AFKNI 2023, Bahas Penyiapan Sumber Daya Manusia di Era Transformasi Kesehatan Bidang SDM Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi tuan rumah Forum Dekan AKFNI pada 24 – 26 Februari 2023. Acara ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia (AFKNI). “Antisipasi Fakultas Kedokteran Negeri Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia di Era Transformasi Kesehatan Bidang SDM Kesehatan” diangkat menjadi tema serta isu besar yang akan dibahas dalam fordek tahun 2023. Seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di FKIK UIN Malang dan Hotel Senyum.

Pembukaan kegiatan Fordek AKFNI 2023 dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Februari 2023. Bertempat di Kampus III, FKIK UIN Malang, kegiatan ini dimulai dengan Ramah Tamah atau Campus Tour tahap 1. Para peserta fordek bekeliling untuk melihat kawasan Kampus III, mulai dari ruang kelas, laboratorium, ruang CBT, hingga perpustakaan. Acara dilanjutkan dengan mobilisasi fordek menuju Hotel Senyum untuk dilaksanakan welcoming peserta.

Sesi Foto bersama Peserta Forum Dekan AFKNI

“Transformasi sumber daya kesehatan perlu dipersiapkan dengan berbagai strategi. Salah satunya adalag strategi dikti untuk menambah kapasitas dosen untuk meningkatkan jabatn fungsional. Apabila kapasitas jumlah peserta titik meningkat, tentunya kualitas dan kuantitas dosen-dosen sangat perlu untuk ditingkatkan. Melalui forum dekan yang rutin diadakan 6 bulan hingga 1 tahun sekali ini,diharapkan dapat tercipta kerjasama antar pimpinan universitas,” speech Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, Ketua AFKNI dalam welcoming peserta.

            Menariknya, dalam fordek yang diadakan di FKIK UIN Malang kali ini, dilaksanakan launching Mars AFKNI. Dipimpin oleh Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG., Ph.D, Pendiri AFKNI, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, Ketua AFKNI, Prof. Dr. M. Zainuddin, MA, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, serta Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW. M. Kes, Sp.Rad(K), Dekan FKIK Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kegiatan dilanjutkan dengan 4 Sesi sharing. Pada sesi pertama, diangkat tema “Dukungan Universitas untuk Peningkatan Kuota Peserta Didik Kedokteran” yang disampaikan oleh Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG., Ph.D Rektor Universitas Gadjah Mada yang juga merupakan pendiri AFKNI. Sesi kedua yang dilakukan secara daring, disampaikan oleh Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M. Ed, Direktur SDM Kemendikbudristek, dengan tema “Peningkatan SDM Dosen Untuk Peningkatan Kuota Peserta Didik Kedokteran”. Kemudian, sesi sharing ketiga dengan tema “Peraturan Baru Dalam Peningkatan Jabatan Fungsional” yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Loeki Enggar Fitri, M.Kes., S.ParK., Guru Besar FK Universitas Brawijaya. Dan yang terakhir sesi keempat akan disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Loeki Enggar Fitri, M.Kes., S.ParK. dengan tema “Pendidikan Spesialis Hybrid”.

          

Kegiatan Forum Dekan AFKNI akan dilanjutkan dengan Bromo Trip dan juga Gala Dinner yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Februari 2023. Diharapkan, kegiatan ini akan berjalan dengan lancar dan malui kegiatan ini diharap akan lahir target capaian bersama yang jelas untuk diwujudkan bersama.

Reporter : Marshell Dimas – PSPD 2021 ; Kontributor : Azizah Azzahra – Farmasi 2021