Calvaria UIN Malang Raih Predikat Lembaga Ilmiah Terbaik di IMSS 2022

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Medical Review and Research (Calvaria) FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan sebagai Lembaga Ilmiah Terbaik Wilayah 4 pada ajang The 10th Indonesian Medical Student Summit (IMSS) 2022 yang diselenggarakan secara hybrid pada 16-20 Februari 2022 oleh Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa, Makassar – Sulawesi Selatan.

Seperti yang diketahui, Indonesian Medical Student Summit (IMSS) merupakan pertemuan tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dengan rangkaian kegiatan musyawarah bagi mahasiswa kedokteran dari seluruh institusi yang tergabung dalam ISMKI serta badan kelengkapan ISMKI, yaitu Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Nasional (BAPIN-ISMKI). Calvaria mengirimkan 4 anggotanya sebagai delegasi pada kegiatan tersebut.

BAPIN-ISMKI merupakan sebuah organisasi yang menaungi seluruh Lembaga Ilmiah Fakultas Kedokteran se-Indonesia. Saat ini, terdapat lebih dari 40 lembaga ilmiah yang tergabung dalam BAPIN-ISMKI, termasuk Calvaria yang berada di Wilayah 4. Calvaria berkontribusi aktif di BAPIN-ISMKI terbukti dengan beberapa anggotanya yang terpilih sebagai Pengurus Harian Nasional bahkan Executive Board BAPIN-ISMKI. Selain itu segudang kegiatan telah diikuti oleh Calvaria, mulai dari Temilnas 2021, PK20 BAPIN-ISMKI, Ambassador of JIMKI, dan event-event keilmiahan di bidang kedokteran lainnya.

“Tentunya rasa bangga kepada seluruh anggota Calvaria (baca: Calvarians), mulai dari angkatan pertama hingga saat ini, sebab jerih payah mendirikan hingga berhasil menjadi anggota BAPIN telah membuahkan hasil yang sangat baik. Sebagai lembaga ilmiah yang masih sangat muda di BAPIN-ISMKI tentunya hal ini sangat dapat memacu atmosfer keilmiahan dalam Calvaria”, ujar Yuwan Ihzudin yang merupakan Ketua Calvaria saat dihubungi via daring, Rabu (23/2).

Perlu diketahui bahwa Calvaria merupakan Badan Semi Otonom (BSO) di bawah HMPPD UIN Malang yang berdiri sejak 2 April 2019. BSO ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kompetensi mahasiswa PSPD FKIK UIN Malang di bidang ilmiah dengan mengadakan workshop kepenulisan, menyediakan informasi, dan sesi mentoring untuk persiapan lomba. Calvaria menunjukkan perkembangan yang nyata dengan ditetapkan menjadi anggota tetap BAPIN-ISMKI pada tahun 2021.

“Semoga Calvaria tetap terus berkembang dan tidak cepat puas akan suatu pencapaian. Semoga di kepengurusan selanjutnya terdapat pencapaian-pencapaian yang lebih gemilang dari sebelumnya”, tambah Yuwan.

(Kontributor: Naharin Dwi Indah K | PSPD 2019)