Studio Musik FKIK UIN Malang

Assalamualaikum Wr Wb,

Sobat Ulul Albab, Alhamdulillah FKIK UIN Malang adalah salah satu Fakultas Kedokteran yang memiliki Studio Musik dengan alat-alat Built Up yang lengkap. Tidak hanya full band, tetapi juga disediakan alat musik untuk bermain akustik. Ruangan Studio khusus yang kedap suara juga disediakan supaya kegiatan bermain musik ini tidak mengganggu aktivitas di sekitarnya.

Fasilitas ini disediakan untuk Mahasiswa, Dosen dan Karyawan sebagai wadah untuk aktualisasi minat dan bakat di bidang seni musik. Selain itu, alat-alat musiknya juga dapat digunakan untuk mengisi sesi hiburan dari acara-acara yang diselenggarakan baik oleh Fakultas maupun Program Studi.

Keberadaan Studio Musik beserta alat-alatnya ini adalah berkat inisiasi dari Bapak Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Dr. Imam Sujarwo, M.Pd., yang meminta Koordinator PKM Seni, Bapak Yossi Indra Kusuma, S.Ked., M.Med.Ed. untuk membuat proposal pengadaan. Beliau tertarik setelah melihat aksi dari Mahasiswa Kedokteran dengan Group Band-nya The Tymphany bimbingan Bapak Yossi yang tampil mengisi acara Student Day Prodi Kedokteran pada tahun 2018 silam.

Akhirnya, baru pada tahun 2020 ini proposal tersebut terealisasi dengan Dana yang berasal dari Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IOM) Kedokteran. Hal ini menunjukkan bahwa IOM juga sangat mendukung kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler positif yang digagas oleh Fakultas untuk memberikan keterampilan kepada Mahasiswa sesuai minat dan bakat masing-masing.

Harapan lainnya adalah supaya Mahasiswa mendapatkan keseimbangan nutrisi antara otak kanan dan otak kiri, dimana otak kiri sudah didapatkan dari kegiatan akademik melalui pembelajaran sesuai kurikulum, dan otak kanan diharapkan dinutrisi oleh kegiatan-kegiatan yang bersifat mengasah kreativitas di luar kurikulum, salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas untuk bermain musik.

Selain Group Band dari Mahasiswa, FKIK juga memiliki Group Band yang terdiri dari Dosen dan Karyawan dari Prodi Kedokteran dan Farmasi. Mereka rutin mengisi waktu untuk berlatih di sela-sela aktivitas Work From Office dalam mempersiapkan pembelajaran Mahasiswa Semester depan. Nama Group Bandnya adalah PRN atau kepanjangan dari Pro Re Nata. Bukan Soneta atau Monata lho ya, hehehe.

Semoga kondisi Pandemi segera berakhir, sehingga seluruh Mahasiswa bisa memanfaatkan fasilitas Studio Musik ini dengan sebaik-baiknya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

#studiomusikfkikuinmalang #fkikuinmalang #prorenata #prnband #kampusbismillah

(Yos – Tim Jurnalis FKIK UIN Malang)