LKMMF X MTE 2024 : Latihan Keterampilan dan Manajemen Waktu sebagai Kunci Kesuksesan Untuk Mahasiswa Baru

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Malang, 29 September 2024 – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sukses menggelar  acara Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Fakultas (LKMMF) X Meet The Expert (MTE) 2024 dengan sangat meriah. Acara ini dibuka dengan tarian tradisional yaitu tari Beksan Parisuko yang menjadi momen spesial sebagai simbolis penyambutan Mahasiswa Baru (Maba) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) angkatan tahun 2024.

Dengan mengusung tema “Scale Up the Potential and Knowledge of Management Time to Develop Skills and Leadership”, acara ini diharapkan dapat membekali mahasiswa baru dalam mengasah keterampilan yang bertujuan untuk mengembangkan skill-nya baik dari segi softskill maupun hard skill. Selain itu, dengan diadakannya acara ini mahasiswa baru diharapkan dapat memahami bagaimana cara mengatur waktu di perguruan tinggi sebagai bentuk adaptasi peralihan dari jenjang SMA/MA.

Acara ini dibuka secara resmi langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati Prabowowati Wajib, M. Kes., Sp. Rad. K. dengan pukulan gong. Dalam sambutannya, Prof. Yuyun menyampaikan “Acara tahun ini menghadirkan materi menarik seputar entrepreneurship yang langsung disampaikan oleh Dr. dr. Alfian Wika Cahyono, M. Biomed. selaku CEO WikaCell Malang, materi ini menarik dan bagus untuk diikuti oleh mahasiswa baru”. Sementara itu, pada sambutan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, dr. Alvi Milliana, M. Biomed. menyampaikan “Acara ini berlangsung sangat bagus dan meriah. Harapannya mahasiswa dapat mengikuti dan menyerap ilmu yang disampaikan oleh pemateri”.

Acara ini dimulai dengan Pemaparan materi mengenai “Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Kesehatan Terhadap Segala Aspek Bidang Medis Indonesia” yang disampaikan oleh Dr. drg. Risma Aprinda K., M. Si. selaku Dosen Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sebagai bagian dari kegiatan ini, Mahasiswa baru diajarkan metode dan stuktur kepenulisan penelitian ilmiah. Selain itu, diadakan praktek kepenulisan berupa “review jurnal” secara berkelompok setelah pemaparan materi, yang dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi di atas panggung.

Materi berikutnya yaitu manajemen waktu yang disampaikan oleh pemateri M. Daffa Abhista Reviansyah S. Ked selaku Ketua DEMA FKIK Periode 2021/2022 mengenai Create An Integrative Balance In Medical Student Life. Dalam kesempatan kali ini M. Daffa menyampaikan sapaan yang cukup singkat namun penuh inspiratif. “Menurut saya, acaranya seru karena yang saya tahu pada tahun ini, FKIK tahun 2024 SDM-nya semakin banyak sehingga semakin banyak pula pandangan dan kesan dari teman-teman angkatan 2024 dan saya sangat antusias dan mendukung kelanjutan program ini karena berdampak positif pada soft skill. Tujuan utama LKMMF menurut saya, terutama untuk mahasiswa baru, adalah membantu transisi dari siswa ke mahasiswa. Mahasiswa perlu memiliki keterampilan, terutama dalam manajemen waktu. Dengan kemampuan ini, mereka dapat lebih disiplin dan menentukan prioritas antara hal mendesak dan penting, sehingga tugas-tugas dapat diselesaikan dengan lebih efektif,” ucapnya.

Sementara itu, pada materi terakhir yaitu Urgensi Karir untuk Mahasiswa Kesehatan langsung disampaikan oleh Dr. dr. Alfian Wika Cahyono, M. Biomed. selaku CEO WikaCell Malang mengenai Pengetahuan Implementatif Terhadap Keterbukaan Sudut Pandang Karir Mahasiswa Kesehatan. Dalam wawancaranya, “Menurut saya, acara ini bagus. Penting bagi mahasiswa S1 untuk memahami perkembangan teknologi di bidang kedokteran. Selain itu, acara ini juga perlu melibatkan mahasiswa tingkat atas agar dapat sharing terhadap bagaimana menghadapi tantangan, terutama bagi yang akan segera lulus. Menurut saya, tujuan acara ini adalah memberikan pandangan kepada mahasiswa baru mengenai berbagai karir di dunia medis, seperti menjadi dokter, pengusaha, klinisi, dosen, peneliti, atau bekerja di bidang IT. Dengan pemahaman ini, mereka dapat menetapkan target sejak awal masuk FK, misalnya menjadi pemimpin atau mengikuti kepanitiaan untuk mendukung tujuan mereka.”

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DEMA FKIK Periode 2023/2024 yaitu Syahrin Azril Izulkhaque, dalam kesempatan kali ini beliau menyampaikan bahwa “Tujuan utama LKMMF X MTE adalah melatih keterampilan manajemen mahasiswa, yang sangat diperlukan bagi seorang mahasiswa. Keterampilan ini penting karena sebelum terjun ke masyarakat, kita perlu menguasai kepemimpinan, keterampilan interpersonal, komunikasi, dan manajemen, termasuk manajemen waktu. Mahasiswa dituntut untuk mampu menyeimbangkan antara akademis dan kegiatan non-akademis, serta dipersiapkan untuk jenjang kehidupan selanjutnya. Khusus untuk mahasiswa baru 2024, acara ini diharapkan dapat menjadi bekal dalam menghadapi kehidupan di perguruan tinggi, terutama di UIN, yang memiliki program Ma’had dan jadwal padat di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengasah keterampilan manajemen dan waktu.”

Sementara itu , wawancara pada salah satu peserta LKMMF X MTE yang merupakan mahasiswa baru Program Studi Farmasi menyampaikan bahwa “Acaranya berjalan dengan sangat seru, selain itu kita juga diberikan materi yang sangat membantu kita dalam perkuliahan. Dengan mengikuti acara ini, kita lebih disiplin dan kita mendapatkan wawasan dalam mengatur waktu. Selain itu, kita juga bisa lebih bergaul dengan teman-teman baik dari farmasi maupun pendidikan dokter.”

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu membekali mahasiswa baru Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Malang angkatan tahun 2024 dalam mengasah keterampilannya di perguruan tinggi serta dapat mengatur manajemen waktu dengan kesibukan yang ada di bangku perkuliahan.

Kontributor: Farika Nur Afiyah (FARMASI 22), Hana Indah Chantika Pratiwi (FARMASI 23)