Potensi Kolaborasi Riset antara UIN Malang dan KMUTT Thailand

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Malang, 14 Agustus 2024 – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang baru saja menyelesaikan rangkaian kegiatan kunjungan dari School of Bioresources and Technology (SBT), King Mongkut’s University of Technology Thonburi (KMUTT), Thailand, di Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Kedoketran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maliki Malang yang berlangsung dari 10 hingga 14 Agustus 2024. Delegasi dari SBT KMUTT yakni (1). Asst. Prof. Dr. Kanokwan Poomputsa (Associate Dean for Quality Assurance) : Animal Cell culture; (2). Assoc. Prof. Dr.Natta Laohakunjit: Biochemical Technology (3). Asst. Prof. Dr. Sowalak Kalapanulak: Bioinformatic and systems Biology. Tujuan kunjungan untuk meningkatkan peluang kolaborasi dalam bidang riset dan pendidikan antara kedua Universitas.

Dalam rangkaiangan acara Visiting Lecturer yang diadakan di Kampus 1 Rektorat, F. Sains dan Teknologi dan Kampus 3 FKIK UIN Malang, para akademisi dari kedua SBT KMUTT dan UINMA berdiskusi mengenai bagaimana bentuk kolaborasi penelitian dan pendidikan yang dapat dikembangkan bahkan yang memiliki peluang besar masuk ke dunia industri.
Asst.Prof. Dr. Kanokwan Poomputsa, salah satu pembicara utama, menyatakan bahwa kolaborasi memang sudah terjalin namun perlu perlu didiskusikan lebih lanjut mengenai proyek spesifik yang akan dikerjakan bersama. “Saat ini, kami belum menetapkan proyek tertentu, tetapi kami berharap ke depannya bisa membentuk jaringan yang lebih kuat antara kedua institusi,” ujarnya.

Asst.Prof. Dr. Sowalak Kalapanulak, pembicara ahli dalam bidang bioinformatika, juga mengungkapkan harapannya untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan para peneliti muda di UIN Malang. “Saya berharap kunjungan ini bisa menjadi benih pengetahuan bagi mereka, yang nantinya dapat berkembang menjadi kolaborasi riset yang lebih mendalam di masa depan,” tuturnya.

Acara kunjungan ini tidak hanya menjadi ajang pertukaran ilmu, tetapi juga mempererat hubungan antara kedua Universitas. apt. Ginanjar Putri Nastiti, M.Farm., selaku Ketua Acara, menambahkan bahwa kunjungan seperti ini memberikan sudut pandang baru yang sangat berharga dan membuka peluang bagi mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan penelitian baru yang lebih inovatif.

Kontributor: Ahmad Taufiqurrohman Al Rosyid, Larasati Sekar Kinasih