Proficiat! FKIK UIN Malang Lakukan Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan Pertama

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kamis (12/1/2023) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, menggelar Yudisium Program Studi Profesi Dokter dan Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan Pertama. Momentum penuh hikmat tersebut dilaksanakan di Aula Lantai 5, Gedung Rektorat, DR. Ir. Soekarno. 16 dokter yang terdiri dari 13 dokter perempuan dan 3 dokter laki-laki telah mengucapkan sumpah dokter yang menandai tuntasnya pendidikan di FKIK UIN Malang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Prodi PSPD, Ketua Prodi Profesi Dokter, Dekan FKIK, Direktur RSU Karsa Husada, RSJ Lawang, dan RSUD Saiful Anwar Malang, Komkordik RS Karsa Husada, jajaran Rektor UIN Malang, Ketua Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya, Ketua IDI Provinsi Jawa Timur, Ketua IDI Kota Malang, dan Rohaniawan, .

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan menyayikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilakukan pembacaan Surat Keputusan Yudisium oleh dr. Yuliono Trika Nur Hasan, Sp. M. Perlu diketahui sebelumnya bahwasannya para dokter yang akan disumpah telah melaksanakan Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) pada 16 November 2022 serta Objective Sctruktured Clinical Examination (OSCE) pada 26 November 2022 bertempat di Kampus III, FKIK UIN Malang dengan hasil lulus 100%.

Prosesi Pengambilan Sumpah Dokter

Kegiatan sakral dengan penuh hikmat diawali dengan peserta sumpah dokter memasuki ruangan. Kemudian pengambilan sumpah dokter dipimpin oleh Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati, PW., M. Kes., Sp.Rad(K). Dilanjutkan dengan pengukuhan sumpah oleh Rohaniawan, Dr. H. M. Aunul Hakim, S.Ag., M.H. Setelah itu, dilakukan pengalungan Gordon serta tanda tangan Sumpah Dokter oleh peserta.

Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Direktur RSUD Karsa Husada. Sambutan kedua disampaikan oleh Dekan FKIK UIN Malang. Sambutan ketiga disampaikan oleh Rektor UIN Malang. Dan yang terakhir, sambutan keempat disampaikan oleh perwakilan peserta sumpah dokter.

Dalam sambutannya,  dr. Muhammad Rizal, MM, M. Kes. selaku direktur RSUD Karsa Husada menyampaikan selamat atas kelulusan para dokter angkatan pertama FKIK UIN Malang. Beliau menyampaikan bahwa angkatan pertama yang juga merupakan angkatan `Covid` ini memiiki semangat daya juang yang sangat luar biasa. Kedepannya para dokter lulusan FKIK UIN Malang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dokter di Indonesia.

Dekan FKIK, Prof. Dr. dr. Yuyun Yuniwati, di akhir sambutannya menekankan pada seluruh dokter baru, “Perjuangkan kemanusiaan dimanapun kalian berada. Mulai dari kursi kerja dan bed rawat inap. Karena hal tersebut adalah inti dari sumpah dokter hari ini. Di seluruh dunia, sumpah dokter kita sama. Primum non nocere. First, do no harm,” tutur Prof. Yuyun.

            Sambutan terakhir diberikan oleh Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA. Dalam sambutannya, beliau berpesan pada 16 dokter yang telah mengikrarkan sumpah pada hari ini untuk senantiasa memegang teguh Sumpah Dokter yang telah diucapkan dan menjaga mama baik UIN Malang sebagai PTKIN bereputasi internasional.

Kontributor : Azizah Azzahra (Farmasi 2021)  Reporter : Naharin Dwi Indah (PSPD 2019)