Perdana, Pembukaan Program Studi Profesi Apoteker di FKIK UIN Malang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Senin (9/1/2023) perdana pembukaan orientasi pengenalan kampus program studi profesi apoteker yang diselenggarakan di Ruang kuliah lantai 3 Gedung Al Biruni Prodi Farmasi dan Apoteker FKIK UIN Maualana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan orientasi pengenalan kampus ini berlangsung selama dua hari sampai dengan Selasa (10/1/2023). Kegiatan dibuka pada pukul 08.00 WIB diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne FKIK serta Tilawah dan Sholawat. Sambutan diawali oleh Prof. Dr. dr. Yuyun  Yueniwati PW., M.Kes.,  Sp.Rad(K) selaku dekan FKIK kemudian dilanjutkan oleh Kaprodi PSPA yaitu Dr. apt. Rahmi Annisa,  S.Farm., M.Farm. Serta dilanjutkan dengan Doa dan penyampaian-penyampaian materi yang begitu penting bagi mahasiswa PSPA kedepannya meliputi Sosialisasi Pedoman Akademik Semester  Genap 2022/2023, Sosialisasi Tata Tertib Mahasiswa, Sosialisasi Kurikulum Pendidikan, dan Sosialisasi Panduan Pelaksanaan PKPA  Semester Genap 2022/2023. Acara hari pertama ditutup pada jam 13.55 WIB.

Foto bersama pimpinan fakultas & prodi, dosen serta mahasiswa baru profesi apoteker

Untuk hari kedua, acara tetap dimulai pada pukul 08.00 WIB dan langsung dilanjutkan dengan upaya peningkatan kemampuan laboratorium Mahasiswa PSPA meliputi, Skill Lab 1: Pengenalan alat-alat  laboratorium dan Skill Lab 2: Pengantar instrumentasi  farmasi dan perhitungan analisis. Acara hari kedua ditutup dengan Foto Bersama dan berakhir pada pukul 14.10 WIB.

Seluruh acara berlangsung khidmat dan sukses terlaksana dengan baik, yang tentunya atas kerja keras dan persiapan yang matang dari seluruh panitia dari segenap jajaran dosen FKIK. Diwawancarai secara darinhg Wakil Kaprodi PSPA Bapak Apt. Alif Firman Firdausy, S.Farm., M. Biomed. Menuturkan bahwa segala persiapan berjalan serba cepat dikarenakan waktu yang dimiliki juga sangat singkat, mulai dari turunnya SK di 24 Oktober 2022, Desember proses seleksi maba, dan awal Januari sudah harus masuk PBAK dan matrikulasi. Namun, meskipun demikian alhamdulillah semuanya dapat teratasi dengan baik.

Adapun Harapan dari adanya kegiatan orientasi pengenalan kampus oleh mahasiswa PSPA ini adalah agar mahasiswa dapat mengenal kampus barunya sekaligus mengenal para pembimbing akademik dan yang terpenting adalah terjalin solidaritas antar sesama mahasiswa yang notabene berasal dari latar belakang angkatan dan asal kampus yang berbeda. Bapak Apt. Alif Firman Firdausy, S.Farm., M. Biomed juga menyampaikan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang terpilih menjadi Mahasiswa Baru PSPA angakatan pertama ini adalah mahasiswa yang sangat antusias dan berkualitas “Sekilas saya melihat maba angkatan pertama ini adalah anak-anak yang rajin dan pekerja keras serta berkualitas secara akademik. Hal ini sebab pelaksanaan penjaringan yang komprehensif dilakukan oleh prodi dengan bantuan dari PMB UIN Malang” – pungkas beliau.

Kontributor: Reza Putri (Farmasi 2020), Azizah (Farmasi 2021)