Gelar Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), FKIK Tingkatkan Sistem Penjaminan Mutu tingkat Fakultas

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Bertempat di Aula Lantai 1 Gedung Ibnu Thufail Kampus 3 FKIK UIN Malang, Fakultas mengadakan kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tahun 2022 pada hari Selasa 27 Desember 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan prodi dan fakultas, ketua unit fungsional fakultas serta sejumlah dosen dan tenaga kependidikan dilingkungan FKIK. Sebelum dilakukan kegiatan RTM, rapat evaluasi kinerja dilakukan terlebih dahulu pada tanggal 8-9 Desember 2022. Bahasan bersumber dari hasil Audit Mutu Internal (AMI), capaian kinerja berbasis renstra fakultas serta tindaklanjut RTM 2021 sehingga pada saat kegiatan RTM berlangsung, masing-masing komisi dapat berdiskusi mengenai draft analisis resiko dan kemudian akan dirapatkan secara pleno.

Kegiatan dilaksanakan mulai pagi pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.30. Peserta antusias dalam kegiatan ini mengingat pentingnya RTM dalam siklus PPEPP.

RTM dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, S.F., M.Kes. Beliau menuturkan bahwasanya siklus PPEPP merupakan budaya mutu yang harus menjadi kebiasaan di lingkungan FKIK. Sebelumnya, ditahun 2020 dilakukan penetapan standar penjaminan mutu dan diimplementasikan pada tridharma perguruan tinggi. Hasilnya kemudian dilakukan evaluasi melalui AMI setiap tahun sejak 2020. Dari hasil AMI kemudian ditindak lanjuti dengan pengendalian melalui rapat tinjauan mutu.

Pada kegiatan RTM ini dibagi menjadi beberapa komisi yakni Komisi 1 Penjaminan Mutu, Tata Pamong dan Kerjasama, Komisi 2 Input Mahasiswa dan Layanan Kegiatan Mahasiswa, Komisi 3 Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Komisi 4 Keuangan dan Sarana Prasarana, Komisi 5 Pendidikan, Komisi 6 Penelitian dan Komisi 7 Pengabdian kepada Masyarakat. Masing-masing komisi akan membahas draft analisis resiko yang kemudian dirapatkan pleno bersama mengenai tindaklanjut penyelesaian, target dan resikonya. Setelah kegiatan ini selesai, acara diakhiri dengan penandatangan laporan RTM oleh pimpinan.

Kontributor: Fathia FR – Humas FKIK