Organisasi Kemahasiswaan

Senat Mahasiswa (SEMA) FKIK

Senat Mahasiswa (SEMA) FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan representasi lembaga legislatif di tingkat FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Berfungsi sebagai wadah yang memberikan pelayanan dan menampung aspirasi mahasiswa di tingkat FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terkait kebutuhan mahasiswa dalam dunia bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai lembaga legislatif yang terus berkembang, SEMA FKIK selalu membangun kerja sama yang sinergis dan responsif baik antar lembaga eksekutif (Dewan Eksekutif Mahasiswa FKIK, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi) maupun dengan pihak prodi dan atau fakultas. Kepengurusan SEMA FKIK terdiri dari: Ketua, Sekretaris, Komisi A (Administrasi dan Keuangan), Komisi B (Hukum dan Advokasi), Komisi C (Keorganisasian, Kemahasiswaan, dan Humas).

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FKIK

Dewan Ekekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan merupakan Lembaga Eksekutif tingkat fakultas yang secara struktural berada di bawah naungan Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas. DEMA FKIK UIN Malang mempunyai peranan yang sangat penting, diantaranya adalah untuk menumbuhkan daya kreativitas dan cara berpikir kritis bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Di samping itu DEMA FKIK juga berfungsi sebagai penyalur aspirasi mahasiswa khususnya terhadap penyelesaian permasalahan-permasalahan kemahasiwaan dalam segala aktivitas baik di lingkungan akademik maupun sosial kemasyarakatan. Struktur DEMA FKIK terdiri dari Badan Pengurus Inti, Departemen Dalam Negeri, Departemen Luar Negeri, Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa, Departemen Kewirausahaan, Departemen Keagamaan, dan Departemen Komunikasi dan Teknologi. 

Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi (HMPSF) Habbatussauda

Berdiri untuk pertama kali dengan nama Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Habbatussauda pada Desember 2014 melalui sidang pertanggungjawaban Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi (HMPSF) FKIK UIN Malang telah mengalami perjalanan yang panjang sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan. Mulai dari berada di bawah naungan OMIK Fakultas Saintek hingga mengikuti dinamika yang ada pada induknya yakni perubahan dari Jurusan Farmasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang menjadi Program Studi Farmasi yang kini berada di bawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Malang. HMPSF berdiri dengan asas kekeluargaan mahasiswa Prodi Farmasi dan bertujuan untuk membentuk insan profesional bidang kesehatan yang memiliki ciri kedalam spiritual dan keagungan akhlak serta keluasan ilmu demi terwujudnya masyarakat ulul albab.

Himpunan Mahasiswa Program Pendidikan Dokter (HMPPD)

HMPPD (Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter) merupakan Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) yang berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Berawal dari sebuah gagasan tentang pentingnya mewadahi berbagai kebutuhan dan aspirasi mahasiswa kedokteran, sehingga perlu dibentuk sebuah organisasi mahasiswa yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswa program studi pendidikan dokter. Akhirnya dengan segenap upaya dan dengan dukungan prodi serta lembaga kemahasiswaan universitas, pada tahun 2016 lahirlah HMPPD-Persiapan. Untuk menjadi sebuah lembaga resmi yang diakui oleh badan pemilu kampus di UIN Malang, maka HMPPD harus menjalani masa persiapan selama 2 tahun terlebih dahulu. Setelah 2 tahun periode kepengurusan, pada tahun 2018 HMPPD resmi berdiri sebagai salah satu Organisasi Mahasiswa Intra Kampus yang berada di bawah garis kordinasi Dewan Eksekutif Mahasiswa FKIK UIN Malang.