EN ID

Icipi Event Internasional, Mahasiswa Farmasi UIN Bawa Pulang 3 Penghargaan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Fitriyani, mahasiswa Prodi Farmasi FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan 2020 yang berkesempatan mengikuti kegiatan “Volunteering and Conference by Garuda Youth Summit” pada 25 – 31 Oktober 2022. Dilaksanakan di tiga negara, yaitu Indonesia tepatnya di Kecamatan Entikong yang merupakan perbatasan wilayah utara Indonesia,  Malaysia, dan Singapura. Motivasi Fitriyani yakni ingin mencoba hal baru dengan keluar zona nyaman serta ingin merasakan sebuah pengalaman kegiatan internasional secara offline.

Fitriyani, saat melakukan pemaparan ide dalam Garuda Youth Summit Conference

Rangkaian kegiatan Garuda Youth Summit ini terdiri dari pengabdian masyarakat serta konferensi internasional. Pengabdian masyarakat dilaksanakan di tapal batas Entikong dengan mengangkat tema “Refleksi Pendidikan, Literasi, dan Kepemudaan Bersama Masyarakat”. Selain itu, dilaksanakan pula leadership sharing bersama tokoh pemuda/aktivis pemberdayaan masyarakat dan pemimpin daerah. Konferensi internasional dilaksanakan di Universiti Malaya dengan mengangkat tema “Pembangunan Nasional Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam kegiatan tersebut, Fitriyani mendapatkan tiga medali penghargaan sekaligus. Penghargaan tersebut adalah kategori best idea, best delegates, dan best division dalam International Conference Garuda Youth Summit 2022. “Mengikuti kegiatan internasional merupakan hal baru bagi saya. Saya sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini. Bisa mendapat banyak pengalaman serta relasi yang sangat luas.” Ucap Fitri ketika diwawancarai via WhatsApp. Berbagai seleksi dilalui Fitri sebelum bisa lolos untuk mengikuti kegiatan Garuda Youth Summit 2022. Seleksi tersebut adalah seleksi berkas, seleksi tulis, dan wawancara. Jalan tak selalu mulus dilaluinya dalam melaksanakan seleksi yang banyak dan cukup padat. Salah satunya adalah jadwal kuliah blok yang sama-sama padatnya. Menurut Fitri, manajemen waktu yang baik serta penerapan skala prioritas merupakan kunci utama untuk tetap produktif di tengah padatnya jadwal kuliah.

“Apabila memiliki keinginan yang tinggi, jangan ragu untuk mencoba. Kita hanya perlu berdoa dan berusaha yang lebih keras,” pesan Fitri kepada seluruh mahasiswa/i FKIK UIN Malang.

Kontributor :   Azizah Azzahra (Farmasi 2021), Reza Putri (Farmasi, 2020) -Tim pers FKIK