EN ID

Gemerlap Grand Final Safir & Safirah 2022

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Sabtu (2/07/2022) Rumah Singgah Lantai 4, Kampus II UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali bergelora karena semaraknya gelaran Grand Final Pemilihan Safir & Safirah Duta FKIK 2022. Acara yang diikuti oleh 12 finalis calon Safir-Safirah ini juga dihadiri oleh dosen, para dewan juri, Finalis Safir-Safirah 2021, perwakilan mahasiswa, pihak sponsorship, dan keluarga para finalis tahun ini. Melalui ajang ini diharapkan akan terpilih Safir-Safirah yang terbaik sebagai representasi mahasiswa FKIK UIN Malang yang berkarakter Ulul Albab.

Acara Grand Final dibuka dengan anggun dengan opening dance yang ditampilkan oleh 5 orang calon Safir dan 7 orang calon Safirah Duta FKIK 2022. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne FKIK, serta pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an. Sambutan pertama disampaikan oleh M. Syifa Haykal Azizi, selaku ketua pelaksana sekaligus Safir Tahun 2021. Dalam sambutannya, Haykal berharap agar seluruh finalis senantiasa tetap semangat dan menjunjung sportifitas dalam berkompetisi. “Semua finalis adalah para pemenang”, imbuh Haykal. “Kalian adalah para terpilih yang telah berhasil melalui proses yang panjang dan tidak mudah”, pungkasnya.

Sambutan selanjutnya juga disampaikan dosen Pembina Paguyuban Duta FKIK yang diwakili oleh Bapak apt. Alif Firman Firdausy, S.Farm., M.Biomed. Menurut Pak Alif, keduabelas finalis yang akan ada di panggung malam hari ini adalah para penerus tonggak Paguyuban Duta FKIK yang telah berhasil dibangun oleh Haykal-Fitriyani dkk di tahun 2021. Selain itu, dalam sambutannya secara virtual, Dekan FKIK, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati, M.Kes, Sp.Rad(K) turut memberikan sambutan dan nasihatnya bagi para finalis yang akan berkompetisi malam hari ini.

Agenda inti dari Malam Puncak Pemilihan Duta FKIK ini dimulai dengan sesi quiz yang harus dijawab oleh para finalis. Satu per satu pertanyaan dari dewan juri dijawab tuntas dengan argumen yang menawan oleh para finalis. Dari yang berjumlah 12 orang, pada akhirnya terpilih 6 besar calon Safir-Safirah untuk melaju ke babak berikutnya. Di babak yang kedua ini, para finalis dituntut untuk mampu menjawab sejumlah pertanyaan trivia serta memperagakan penyuluhan sesuai dengan tema yang telah dipilih secara acak. Setelah babak kedua Grand Final selesai dipentaskan, sembari menunggu dewan juri memutuskan siapa saja para pemenang, para hadirin disuguhkan dengan pertunjukan parade Final Walk dari Safir-Safirah Duta FKIK 2021 diiringi oleh alunan musik dari grup band “sixth sense” FKIK UIN Malang.

Pada akhirnya, saat yang dinanti akhirnya tiba yakni pengumuman para juara. Pada pagelaran Pemilihan Safir-Safirah Duta FKIK UIN Malang 2022 kali ini berhasil menobatkan Mochammad Yazid Al-Bustomi (Farmasi 2021) dan Siti Fadilla (PSPD 2020) sebagai Safir & Safirah Duta FKIK UIN Malang yang baru. Selain itu, Rifki Zidan Nugraha (PSPD 2021) dan Mawar Yuli Muktisari (Farmasi 2019) juga terpilih sebagai Runner Up. Sedangkan Rezcia Mayshe Enrico (Farmasi 2021) terpilih sebagai Duta Terfavorit.

Dengan dinobatkannya Safir-Safirah Duta FKIK UIN Malang yang baru, berakhirlah gelaran Malam Puncak Pemilihan Duta FKIK Tahun 2022. Semoga Safir-Safirah 2022 dapat menjalankan amanah dengan baik, sekaligus menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa FKIK UIN Malang. Setahun Menjabat, Seumur Hidup Menginspirasi!

Kontributor : Naharin Dwi Indah (PSPD 2019)