EN ID

Bahas Jurnalistik dan Desain Multimedia, FKIK UIN Malang Hadirkan Pembicara Berkelas

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Selasa (14/6/2022), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) menggelar Workshop Jurnalistik & Multimedia. Bertempat di Gedung Al-Biruni Lt. 3 (Program Studi Farmasi) FKIK UIN Malang, acara ini dilaksanakan mulai pukul 07.30 hingga 13.00 WIB. Kegiatan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, dosen, mahasiswa FKIK UIN Malang serta peserta yang berasal dari lingkup UIN Malang dan umum.

Workshop Jurnalistik & Multimedia ber-tema-kan “Self-actualization towards Bright Future through Journalism” menghadirkan dua narasumber yakni, Irham Thoriq, S.Psi. (CEO Tugu Media Group), Naufan Noordyanto, S.Sn., M.Sn.
(Dosen DKV Institut Teknologi Surabaya), dan dihadiri oleh Dekan FKIK UIN Malang, Prof Dr. dr. Yuyun Yueniwati Prabowowati Wadjib, M.Kes., Sp. Rad(K) beserta Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, dr. Alvi Miliana, M.Biomed. Dalam sambutannya, Dekan FKIK UIN Malang menyampaikan bahwa predikat kelulusan cum laude tidak selalu menjamin masa depan penyandangnya, melainkan apa saja soft skill yang ia miliki. Senada dengan pernyataan tersebut, Apt. Alif Firman Firdausy, S.Farm., M.Biomed, selaku ketua Unit Humas, Protokoler dan Kerjasama FKIK UIN Malang menuturkan, “Sebagaimana kita tahu, banyak mahasiswa FKIK yang berbakat dan berminat dalam hal non-akademik. Hal ini perlu didukung dengan cara menciptakan wadah yang relevan bagi mereka untuk mengasahnya”.

Terselenggarakannya Workshop ini bukan hanya menjadi trigger bagi mahasiswa namun untuk seluruh tenaga pendidik FKIK UIN Malang agar lebih giat dalam hal menulis dan membuat media pembelajaran yang efektif. Selain itu,
pembekalan mahasiswa akan soft skill ini dapat mendorong mereka untuk terus mengaktualisasi potensi diri yang terdapat dalam diri mahasiswa sehingga mereka lebih siap untuk menghadapi dunia yang sebenarnya. Salah satu pemateri dalam tema Jurnalistik, Irham Thoriq menuturkan, “Membiasakan diri kita dengan deadline adalah suatu bentuk upaya peningkatan kapasitas diri menuju pribadi yang kuat”.

Pelaksaan Workshop ini memberikan insight yang positif kepada seluruh peserta yang mayoritas memiliki latar belakang di bidang kesehatan. “Skill dalam menyajikan informasi yang menarik dan mudah diterima oleh masyarakat adalah diperlukan oleh siapapun, tidak terkecuali para akademisi dan praktisi kesehatan,” ucap Naufan Noordyanto, dosen Desain Komunikasi Visual ITS yang menjadi salah satu narasumber pada workshop ini.

Pada akhirnya, melalui workshop ini diharapkan para peserta memperoleh upgrade skill dalam menulis berita dan membuat konten digital yg baik.

Alif Firman F. – Humas FKIK UIN Malang