EN ID

Semarak Ramadhan 2022 di FKIK Kembali Digelar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Senin (12/4/2022), acara tahunan bertajuk Semarak Ramadhan di FKIK tahun 2022 resmi dibuka. Bertempat di Masjid Ibnu Sina FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, selain dihadiri oleh segenap civitas akademika FKIK UIN Malang juga turut dihadiri oleh elemen masyarakat yang ada di sekitar lokasi Kampus III Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara pembukaan Semarak Ramadhan dimulai pada pukul 16:00 WIB dan dikemas dalam bentuk penyampaian ceramah oleh Ust. H. Abd. Wahed, B.Ed, M.Pd.I. dilanjutkan dengan berbuka bersama dan sholat maghrib berjamaah.

Semarak Ramadhan di FKIK merupakan acara tahunan yang rutin dilaksanakan di FKIK UIN Malang bertujuan untuk turut memeriahkan bulan suci Ramadhan. Acara ini juga adalah bentuk wujud syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT karena telah diberikan kesempatan untuk kembali bertemu bulan yang penuh berkah ini. Ketua panitia Semarak Ramadhan di FKIK, Triasih Esti Nugrahaeni, SE, MM, dalam sambutannya menjelaskan bahwa Semarak Ramadhan berisi sejumlah kegiatan yang akan berlangsung selama kurang lebih 2 pekan meliputi aneka perlombaan bagi santri/santriwati TPQ di sekitar kampus dan putra/i staf FKIK UIN Malang, seperti lomba pildacil, lomba adzan, lomba hafalan juz 30, lomba mewarnai kaligrafi, lomba banjari dan lomba baca puisi Islami. Selain itu juga ada lomba yang dapat dimeriahkan oleh civitas akademik FKIK UIN Malang, yakni lomba podcast bertemakan Ramadhan serta lomba melukis kaligrafi. Informasi partisipasi lomba-lomba Semarak Ramadhan dapat didapatkan di sini. Selain kegiatan-kegiatan bersifat perlombaan di atas, terdapat pula kegiatan bersifat sosial seperti pembagian paket sembako, takjil, dan bingkisan lebaran bagi karyawan FKIK serta warga sekitar kampus yang membutuhkan. Ibu Triasih menyatakan bahwa pendanaan seluruh kegiatan Semarak Ramadhan di atas sepenuhnya bersumber dari dana shodaqoh yang terkumpul dari bapak/ibu dosen/karyawan civitas akademika FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wakil Dekan II FKIK UIN Malang, Bapak Ach. Nashichuddin, MA, dalam kesempatan sore hari kemarin mengungkapkan rasa bangganya atas ‘kebiasaan’ baik FKIK UIN Malang dalam setiap hadirnya bulan suci dengan adanya acara ini. “Ini adalah acara yang Insya Allah penuh berkah, semangat bapak/ibu panitia patut kita apresiasi. Semarak Ramadhan ini adalah budaya yang patut kita pertahankan dari tahun ke tahun,” pungkas beliau sesaat sebelum membuka acara secara resmi.

Sembari menunggu waktu berbuka tiba, digelar acara inti yakni mau’idhoh hasanah yang disampaikan oleh Ust. Abd. Wahed. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan pesan-pesan agar senantiasa menjaga hati, fikiran dan perbuatan khususnya dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini.

(Berita dan gambar: Alif FF | Humas FKIK)