EN ID

Menuju KAPADOKIA: Open House FKIK 2022

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

It’s My Dream ! FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Kembali menyelenggarakan kegiatan Open House yang bertajuk “KAPADOKIA” (Kampus Apoteker dan Dokter Ulul Albab Indonesia) pada hari jumat (12/03/2022) yang bertempat di Kampus 3 FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tepatnya di minihall Gedung Ibnu Thufail. Open House kali ini diadakan secara daring dan diikuti oleh sejumlah siswa-siswi SMA/MA/Sederajat dari seluruh Indonesia. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne FKIK UIN Malang dan lantunan ayat Alquran dari Khoiron Nur Khoim (Farmasi 2020).

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr.dr.Yuyun Yueniwati P.W., M.Kes., Sp.Rad(K). dalam sambutannya beliau memperkenalkan gambaran besar dari FKIK UIN Malang, dari sejarah hingga prestasi prestasi yang telah diraih oleh FKIK UIN malang.

Sambutan Dekan FKIK, Prof Yuyun Yueniwati, dalam Open House FKIK 2022

Acara inti Open House FKIK 2022 dikemas dalam bentuk talkshow bersama para pimpinan FKIK UIN Malang. Talkshow dibagi menjadi 2 sesi yakni yang pertama bersama para wakil dekan dan yang kedua bersama para pimpinan prodi. Jalannya talkshow dipandu oleh Apt. Alif Firman Firdausy S.Farm, M.Biomed, Ketua Unit Humas FKIK UIN Malang. Selama talkshow berlangsung, para wakil dekan dan pimpinan prodi berbicara sesuai porsinya masing-masing dengan sangat informatif. Prof. Dr. Apt. Roihatul Muti’ah, S.F., M.Kes selaku wakil dekan bidang akademik menjelaskan terkait beberapa jalur masuk di FKIK UIN Malang, “Ada beberapa jalur yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur Mandiri Tertulis dan Prestasi, serta jalur khusus tahfidz Alquran”, jelasnya. Beliau juga menyebutkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat menjadi mahasiswa FKIK UIN Malang serta program-program unggulan FKIK UIN Malang seperti Program Ilmu Kesehatan Haji dan Fasttrack S2 Biomedik bagi lulusan. Setelah memahami secara umum gambaran atmosfir akademik di FKIK melalui paparan Wakil Dekan I, selanjutnya pemirsa disajikan dengan penjelasan terkait administrasi dan keuangan dari Wakil Dekan II bidang AUPK, bapak Ach. Nasichuddin, MA. Beliau memberikan gambaran secara jelas tentang besaran dan ketentuan UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang ada di FKIK UIN malang, serta beberapa gambaran tentang aspek administratif FKIK UIN Malang. Yang terakhir, selaku Wakil Dekan III, dr. Alvi Milliana, M.Biomed menutup talkshow sesi pertama dengan memberikan gambaran terkait kehidupan kemahasiswaan. Mulai dari kegiatan mahasiswa, organisasi, ekstrakurikuler hingga sarana prasarana apa saja yang dapat menunjang minat dan bakat mahasiswa.

Di antara berjalannya sesi pertama dan kedua sekaligus untuk mengobati rasa penasaran audiens terhadap sarana dan prasarana di FKIK UIN Malang, maka diputarkan video virtual tour Kampus 3 FKIK UIN Malang dengan dipandu oleh Fifi Alayda Yahya (Farmasi 2019) dan Usrin Amirawati (PSPD 2019). Setelah puas berkeliling secara virtual dan bertanya seputar suasana kampus, para pemirsa diajak menyimak beberapa testimoni dari alumni baik Prodi Farmasi maupun Kedokteran. Testimoni alumni farmasi disampaikan oleh mahasiswi angkatan 2017 yang berasal dari Sudan, yakni Omnia Amir Osman Abdelrazig. Sedangkan testimoni alumni kedokteran diwakili oleh Fiki Andrean, mahasiswa kedokteran angkatan 2016 yang saat ini sedang menjalani stase Koas di Prodi Profesi Dokter FKIK UIN Malang.

Acara dilanjutkan dengan talkshow sesi kedua yang menghadirkan para pimpinan prodi, baik itu Prodi farmasi, Pendidikan dokter maupun profesi dokter. Prodi farmasi diwakili oleh Bapak sekretaris prodi Apt. Hajar Sugihantoro, M.PHI, Prodi Kedokteran oleh ibu kaprodi dr. Tias Pramesti Griana, M.Biomed, dan Prodi Profesi oleh Bapak dr. Iwal Reza Ahdi, Sp.PD selaku kaprodi. Dengan dipandu oleh moderator, beliau bertiga secara bergantian menjelaskan beberapa keunggulan, mekanisme belajar hingga hal-hal menarik yang ada di prodi masing-masing. Setelah sesi tanya jawab dan diskusi, pada akhirnya acara Open House FKIK UIN Malang tahun ini ditutup dengan pembacaan doa yang dibawakan oleh Azmi Chikam (Farmasi 2020).

(Berita dan Gambar: M. Irsyadul Ibad | Farmasi 2020)