EN ID

Buat Bangga! Mahasiswa Kedokteran UIN Malang Dinobatkan sebagai Juara 2 Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah 2022

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Prestasi gemilang kembali diraih mahasiswa PSPD UIN Malang. Kali ini Mohammad Daffa Athallah Fath (Mahasiswa PSPD Angkatan 2018) berhasil dinobatkan sebagai Juara 2 Duta Generasi Berencana (baca: GenRe) Provinsi Jawa Tengah 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah di Hotel Grand Arkenso Park View, Semarang – Jawa Tengah, Kamis (24/02/2022).

Penyerahan tropi oleh Kepala DP3AP2 KB (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana) Provinsi Jawa Tengah kepada M. Daffa Athallah selaku Juara 2 Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah 2022

“Tentunya yang pertama bersyukur karena perjuangan selama 1 tahun di kabupaten terbayarkan setelah menjadi Juara 2 Duta GenRe di Jawa Tengah ini. Juga menjadi tantangan bagi saya agar lebih bisa memberikan dampak buat teman-teman remaja, di Jawa Tengah khususnya”, terang Daffa setelah dihubungi via daring pada Sabtu (26/2).

Daffa mengaku termotivasi mengikuti pemilihan Duta Genre ini karena ruang lingkupnya membahas seputar kesehatan remaja dan perencanaan berkeluarga bagi remaja yang sesuai dengan materi kedokteran. Ia berharap melalui Duta GenRe, ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat dan disebarkan kepada para remaja.

Duta Genre merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator bagi remaja di bawah naungan BKKBN. Pemilihan Duta GenRe ini berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, kemudian provinsi, dan terakhir di tingkat nasional. Nantinya, duta yang terpilih mengemban amanah untuk memberikan wawasan kepada para remaja, terutama terkait kesehatan reproduksi dan gizi untuk mencegah stunting.

M. Daffa Athallah saat menyampaikan pidato pada tahap 5 besar Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah 2022

Daffa juga berbagi tentang perjalanan dirinya sampai di titik ini. Awalnya, pria kelahiran Banjarnegara ini mengikuti seleksi Duta GenRe di Kabupaten Purbalingga pada Bulan Maret tahun lalu. Setelah berhasil dinobatkan menjadi juara pertama, ia melaju ke tingkat provinsi dan mengikuti karantina selama 3 hari pada 22-24 Februari 2022. Rangkaian kompetisi berhasil dilalui hingga pada tahap 3 besar, ia dihadapkan untuk menjawab pertanyaan terkait studi kasus pada remaja yang membawanya keluar sebagai juara ke 2.

Di akhir, Daffa selaku Duta GenRe mengajak para remaja, khususnya mahasiswa FKIK, untuk tetap menjaga kesehatan diri, terutama menjauhi 3 masalah Kesehatan Reproduksi Remaja (Triad KRR) : seksualitas, HIV-AIDS, dan NAPZA. Selain itu ia juga berpesan untuk mulai merencanakan 3 hal untuk masa depan, diantaranya : pendidikan, pekerjaan, dan menghindari pernikahan usia muda.

(Berita oleh: Naharin Dwi Indah K.| PSPD 2019)