EN ID

DEMA FKIK Community and Development: Aksi Nyata Mahasiswa FKIK di tengah pandemi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Departemen Luar Negeri (DEPLU) DEMA FKIK UIN Malang melakukan aksi pengabdian masyrakat di Dusun Precet, Desa Sumber Sekar, Dau, Kabupaten Malang. Pengabdian Masyarakat merupakan sebuah pelaksanaan dari program kerja Departemen Luar Negeri yaitu FKIK Community and Development. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada hari Jum’at (10/12/2021). Peserta (Volunteer) kegiatan ini meliputi mahasiswa FKIK UIN Malang, baik dari Prodi Farmasi maupun Prodi Pendidikan Dokter.

FKIK Community and Development kali ini mengambil tema ”Memulai Langkah Pertama Untuk Hidup Sehat Bersama”. Tema tersebut diambil berdasarkan kehidupan di masyakarat yang harus berani langkah kedepan meski berada dalam masa pandemi. Untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini sendiri dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan berlaku sesuai dengan keputusan dari Kementrian Kesehatan baik dari volenteer dan masyakarat telah melakukan vaksinasi serta menerapakan 6M. Metode door to door  dengan estimasi  waktu 10 menit perumahnya juga diterapkan agar tidak terjadi kerumunan dan mengurangi mobilitas ketika kegiatan. 

Acara FKIK Community and Development  sendiri dimulai  ketika pukul 13.00 WIB bertempat dihalaman gedung Prodi Farmasi FKIK UIN Malang yang dibuka langsung oleh Ibu Wakil Dekan III yaitu Ibu dr. Alvi Milliana, M.Biomed. Sebelum teman-teman voulenteer  turun kemasyarakat, terlebih dahulu dilakukan briefing kembali  agar kegiatan berjalan dengan maksimal dan tetap mematuhi SOP yang berlaku. Kegiatan ini terdiri dari screening kesehatan untuk mendata kesehatan masyarakat secara umum, kemudian dilakukan cek tensi darah bagi masyarakat yang memiliki riwayat hipertensi serta penyuluhan terkait Covid-19, protokol kesehatan, KIE penyakit hipertensi dan hipotensi, serta penyakit larva migran kutan dikarenakan mayoritas warga berkeja dikebun. Kemudian ditutup dengan penyerahan bingkisan berupa roti, buah, dan vitamin.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapat respon yang positif baik dari teman-teman voulunteer maupun dari masyarakat setempat. “Kegiatan pengecekan dan penyuluhan kesehatan dari teman-teman mahasiswa sangat bagus dan mampu menarik antusias dari warga di sini, semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin atau tidak sekali ini saja,” ucap Pak Heri selaku ketua RW 5 Dusun Precet, Sumbersekar. Dengan diadakannya FKIK Community and Development, diharapkan mahasiswa sebagai agent of change semakin dapat memberikan manfaatnya terutama bagi masyrakat. Semoga kegaiatan pengabdian masyarakat ini dapat berkembang menjadi kegiatan desa binaan yang telah berhenti terlaksana dalam 2 tahun terkahir.  
Kegiatan ini dibimbing dan didampingi secara langsung oleh apt. Novia Maulina, M.Farm. Selaku pembina, bu Novia juga turun langsung demi ketercapaian sasaran dan kelancaran kegiatan ini.

Kontributor: Novia Maulina – Humas FKIK