EN ID

Perkuat Kompetensi dalam Riset Kesehatan Haji dan Pengembangan Produk Halal, FKIK Gelar Workshop Nasional

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Sabtu (20/11/2021), Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sukses menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Riset Kesehatan Haji Tahun 2021. Acara berlangsung secara daring melalui sambungan aplikasi Zoom meeting dan dihadiri oleh segenap civitas akademika, khususnya para dosen dan pimpinan FKIK. Selain itu dihadiri pula oleh sejumlah dosen dan praktisi di bidang kedokteran haji dan peneliti di bidang produk halal baik yang berasal dari internal UIN Malang maupun yang berasal dari luar institusi.

Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Riset Kesehatan Haji kali ini dimulai pada pukul 08.00 WIB oleh pembawa acara, Apt. Ginanjar Putri Nastiti, M.Farm kemudian disusul dengan sambutan oleh ketua UPPM FKIK UIN Malang, Dr. Begum Fauziyan, S.Si., M.Farm. dan Dekan FKIK UIN Malang Prof. Dr.dr. Yuyun Yueniwati PW, M.Kes., Sp.Rad(K) yang sekaligus membuka jalannya acara secara resmi. Dalam sambutannya, Dr. Begum memaparkan pentingnya penguatan kompetensi khususnya bagi para dosen dalam menjalankan penelitian-penelitian berlandaskan keunggulan fakultas yakni di bidang kesehatan haji dan pengembangan produk halal. Hal ini dalam rangka memperkuat visi dan misi fakultas maupun prodi-prodi yakni menjadi institusi pendidikan tinggi di bidang kesehatan yang mengintegrasikan antara sains dan Islam yang bereputasi i nternasional. Prof Yuyun, dalam sambutannya menekankan, bahwa FKIK UIN Malang telah bertekad untuk dapat menjadi pusat pengembangan kesehatan haji serta rumah bagi riset-riset pengembangan produk farmasetis, suplemen maupun kosmetika halal yang tentunya dapat bermanfaat bagi umat Islam. Selain itu, melalui kajian-kajian komprehensif berbasis ilmu pengetahuan, FKIK UIN Malang bercita-cita untuk dapat memberikan sumbangsih berupa kebijakan-kebijakan dan aspek administratif dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

Workshop kali ini menghadirkan narasumber-narasumber yang merupakan pakar di bidangnya. Yang pertama adalah Dr. dr. Syarief Hasan Lutfie, Sp. KFR(K), Dosen FK UIN Syarif Hidayatullah sekaligus Direktur Utama RS Haji Jakarta, yang membawakan topik Pengembangan Riset Kedokteran Haji. Kemudian di sesi kedua hadir Prof. Dr. Apt. Abdul Rohman, SF., M.Si, Ketua Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi Institute for Halal Industry and System (PUI-PT IHIS) UGM, yang menyampaikan materi Pengembangan Produk Halal dalam Kesehatan Haji. Serta yang ketiga adalah Ibu Prof. Dr. Apt. Roihatul Muti’ah, SF., M.Kes, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik FKIK UIN Malang, yang mempresentasikan Arah Pengembangan Riset Kesehatan Haji di FKIK UIN Malang. Ketiga narasumber menyampaikan materi secara bergantian dengan dipandu oleh moderator dr. M. Rizal Novianto, MHPE dan Apt. Alif Firman Firdausy, S.Farm., M.Biomed. Acara berlangsung menarik dengan paparan dari masing-masing pemateri serta diskusi dari para peserta yang hadir.

Dalam acara ini, turut hadir pula dr. Acub Zaenal Amoe, MPH., Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya yang turut aktif dalam diskusi bersama para narasumber, membicarakan tentang sistem penyelenggaraan haji dan umrah di Indonesia dari perspektif kesehatan.

Kontributor: Alif FF – Humas FKIK UIN Malang