EN ID

Pacu Publikasi Internasional, FKIK Gelar Workshop Penulisan Jurnal

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Di tengah hari libur dan istirahat bersama keluarga, FKIK UIN Malang tetap bersemangat dalam melakukan upgrading kemampuan kepenulisan jurnal ilmiah, khususnya bagi para dosen dan mahasiswa, melalui penyelenggaraan acara Workshop Penulisan Jurnal, Minggu (14/11/2021). Acara tersebut berlangsung mulai dari pukul 08:30 hingga 12:00 WIB secara virtual dengan menghadirkan narasumber-narasumber berkompeten dalam publikasi internasional.

Acara yang diprakarsai oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) FKIK UIN Malang ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW., M.Kes., Sp.Rad(K) serta diikuti oleh berbagai elemen mulai dari civitas akademika hingga praktisi dan peneliti di luar FKIK UIN Malang. Workshop Penulisan Jurnal kali ini menghadirkan Prof. Dr. dr. Loeki Enggar Fitri, Sp.ParK dari FK Universitas Brawijaya serta Dr. Ediyanto, M.Pd., PhD dari Universitas Negeri Malang selaku pemateri. Acara sharing knowledge serta diskusi berjalan dengan menarik dengan dipimpin oleh Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIK, Dr. Begum Fauziyah, M.Farm.

Dalam sambutannya, Dekan FKIK UIN Malang, Prof Yuyun mengungkapkan harapannya dengan banyak diadakannya acara-acara serupa dapat memicu dan memacu para dosen dan mahasiswa dalam mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal-jurnal bereputasi internasional yang terindeksasi Scopus, Copernicus atau Web of Science. Ketua UPPM, Dr. Begum juga menyampaikan bahwa publikasi jurnal akan meningkatkan nilai angka kredit suatu penelitian dosen dibandingkan apabila hanya berupa laporan penelitian. “Akan sangat disayangkan apabila output penelitian dosen hanya berupa laporan tanpa berhasil dipublikasikan”, sambungnya.

Workshop Penulisan Jurnal 2021 mengangkat dua materi yang dibahas secara komprehensif, meliputi (1) Tips dalam Menyusun Artikel Jurnal bereputasi Internasional dari Laporan Penelitian dan (2) Strategi Menembus Publikasi di Jurnal Terindeks Scopus dan WoS. Acara ini sekaligus juga menjadi kelanjutan dari ‘seri’ Program Bantuan Penelitian Dosen FKIK dan nantinya akan dilanjutkan dengan Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Riset Kesehatan Haji tahun 2021.

Kontributor: Alif FF – Humas FKIK