EN ID

Mahasiswa FKIK Sabet Juara 1 Kompetisi Video Edukasi Tingkat Nasional

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Bangga! Satu kata yang pantas menggambarkan prestasi yang baru saja diraih oleh tim Video Edukasi dari Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (PSPD FKIK UIN Malang). Tim yang beranggotakan M. Daffa Abhista Reviansyah (PSPD 2019; Ketua), Hafidha Camila Arif (PSPD 2019) dan Mahasya Khafiralia (PSPD 2019) ini berhasil keluar sebagai Juara 1 Health Education Video Competition (HEVC) pada event Pharmacy Fair 2021 yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Pancasila Jakarta.

Tim Video Edukasi FKIK UIN Malang: M. Daffa Abhista Reviansyah (Ketua), Mahasya Khafiralia (Anggota), dan Hafidha Camila Arif (Anggota) berhasil keluar sebagai Juara Pertama Health Education Video Competition Pharmacy Fair 2021

Karya Revi dkk. terpilih sebagai yang terbaik setelah berhasil mengalahkan karya video edukasi yang berasal dari berbagai perguruan tinggi lainnya di Indonesia, seperti Universitas Pancasila, Universitas Sriwijaya, Universitas Riau, Universitas Perintis Indonesia, Universitas Brawijaya Malang, Institut Sains dan Teknologi Nasional, dan Universitas Pakuan Bogor. Sistim penilaian dalam kompetisi nasional kali ini adalah 1 ronde penilaian yang secara langsung dilakukan untuk memilih 12 video edukasi terbaik sebagai finalis, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan juara.

HEVC Pharmacy Fair tahun ini mengambil tema “Edukasi Meningkatkan Imunitas Tubuh” dengan subtema “Penerapan pola hidup sehat”. Berdasarkan tema tersebut, Tim FKIK UIN Malang mengambil judul “Tingkatkan Imun Tubuh dengan SENANG” sebagai proyek video mereka. Menurut Revi, menjaga imunitas di tengah kondisi yang rentan seperti saat ini adalah sangat penting sehingga diperlukan berbagai macam media, termasuk media audiovisual, untuk membantu mengedukasi masyarakat meraih hiduup sehat. “Dalam video, kami mencoba menggambarkan suatu kebiasaan buruk (sedentary lifestyle) yang merupakan faktor utama penurunan sistem imun tubuh”, tambahnya, “Solusi yang kami berikan adalah dengan membuat sebuah lagu dari aransemen ‘Naik Delman’ tentang kondisi imun yang tidak hanya dipengaruhi dari faktor kesehatan saja, melainkan juga dari faktor psikologis”.

(Kontributor: Larasati Sekar K|Editor: Alif FF – Humas FKIK)