Luar Biasa, FKIK Sukses Gelar Dua Webinar Internasional dalam Dua Hari Sekaligus

Pada akhir pekan pertama di Bulan Juni ini, tepatnya Sabtu (5/6/2021) dan Minggu (6/6/2021) FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang secara luar biasa berhasil menggelar dua seminar online bertaraf internasional yang mendatangkan pembicara-pembicara kompeten dari dalam dan luar negeri. Kedua seminar tersebut dihadiri oleh ratusan peserta yang berasal dari kalangan profesional, akademisi, dan masyarakat umum.

Seminar internasional yang pertama bertajuk 7th Symposium In Health and Medicine (SHIAM) dengan tema Designing Basic to Applied Research for Discovery of New Diagnostic and Therapeutic Agents in Cardio-Cerebrovascular Disease. Dalam SHIAM Edisi ke-7 kali ini menghadirkan tiga orang narasumber yang merupakan pakar di bidang cerebrovaskuler dan kardiovaskuler, di antaranya adalah Prof. Dr. Ahmad Sobri Muda dari Universiti Putra Malaysia, Prof. dr. M. Saifur Rohman, Sp.JP(K), PhD dari Universitas Brawijaya, serta dr. Ermin Rachmawati, M.Biomed dari Departemen Ilmu Biomedik FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara berlangsung menarik oleh paparan materi dari narasumber serta pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta webinar.

Tak kalah menariknya dengan SHIAM 7, keesokan harinya (6/6/2021) menyusul diselenggarakannya Webinar Internasional bertajuk 2nd Annual Health Symposium on Hajj and Umrah (ANSHAR 2) yang mengangkat tema “Future Perspective of the Hajj Pilgrim’s Health Management”. ANSHAR yang digelar pada tahun kedua ini terasa lebih istimewa karena berhasil menghadirkan lima orang pemateri yang sangat berkompeten di bidang kesehatan haji yakni: Dr. Anas Khan, MBBS, MHA, SBEM dari King Saud University, H. Khoirizi, S.Sos, MM, selaku Direktur Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Rosna Abdul Raman, M.HSc., BSc., BioMed, RN dari Universiti Putra Malaysia, Prof. Dr. apt. Suharjono. M.S. dari Fakulas Farmasi Universitas Airlangga, serta dr. Abdul Malik Setiawan, M.Infect.Dis dari FKIK UIN Maliki Malang. Seminar internasional ANSHAR dinilai menjadi sebuah trademark yang hanya dimiliki oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sebagaimana dikuatkan oleh Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag., Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang turut hadir dan memberikan sambutan dalam acara tersebut. “UIN Maliki Malang menjadi pembeda di antara perguruan tinggi lain khususnya yang menyelenggarakan pendidikan Profesi Kedokteran, yakni pada bidang kedokteran haji. Melalui Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang dimiliki UIN Malang, kami ingin memberikan kontribusi yang baik dalam pelaksanaan haji di Indonesia”, sambut Prof. Haris.

Kedua seminar internasional yang telah sukses diselenggarakan, baik SHIAM 7 maupun ANSHAR 2, termasuk ke dalam satu rangkaian kegiatan yang disusun sejak Mei 2021 dalam rangka memperingati LUSTRUM 1: Dies Maulidiyah V FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Keberhasilan FKIK UIN Malang dalam menyelenggarakan kedua acara tersebut tidak lepas dari dukungan pihak sponsorship, di antaranya adalah: PT. Bimasakti Husada Nusantara (Snowhite, Apotek Medicare), PT. Chitose, CV. Nurra Gemilang, Genecraft Laboratory (Thermo Science), PT. New Module International, dan PT. Ditek Jaya.