Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di FKIK

Selasa (27/04/2021) dan Kamis (29/04/2021), bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1442 H tahun ini, Unit Penjaminan Mutu (UPM) FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di lingkup Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Malang.

Meskipun baru berumur sekurang-kurangnya 1 tahun sejak pertama kali dibentuk oleh Dekan FKIK UIN Malang, Unit Penjaminan Mutu FKIK UIN Malang yang dipimpin oleh Apt. Hajar Sugihantoro, S.Farm., M.P.H, telah menunjukkan kontribusinya yang luar biasa bagi pengembangan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi di FKIK UIN Malang. Selama jangka waktu tersebut, UPM telah berhasil merumuskan SPMI FKIK UIN Malang melalui tahapan yang panjang. Akhirnya, pada Selasa hingga Kamis (27-29/04/2021) telah diselenggarakan sosialisasi SPMI ini kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang ada di bawah lingkup FKIK. Hari Selasa UPM menargetkan Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) terkait dengan sosialisasi standar penelitian dan pengabdian di fakultas, sedangkan pada hari Kamis sosialisasi ditujukan kepada segenap jajaran dekanat, jajaran unit yang ada di program studi, baik Prodi Farmasi maupun Kedokteran, serta para staff dan dosen.

Menurut Ketua UPM, Apt. Hajar, pentingnya sosialisasi SPMI ini adalah untuk menanamkan kesepahaman yang sama bagi seluruh stakeholder FKIK dalam melaksanakan sistem jaminan mutu. “Melalui sosialisasi SPMI, kami ingin menjalankan siklus penjaminan mutu berdasarkan alur Penetapan- Pelaksanaan-Evaluasi-Pengendalian-Peningkatan (PPEPP) secara keseluruhan”, sambungnya.
Harapannya, dengan tersosialisasikannya SPMI ini, semua unit yg terkait dapat mengetahui, memahami dan yang terpenting adalah berkomitmen secara total untuk melaksanakan standar-standar yang telah ditetapkan. Sehingga pelayanan FKIK UIN Malang selaku institusi pendidikan negeri di bawah Kementerian Agama terhadap masyarakat menjadi lebih optimal.

(Kontributor/Editor: Alif FF – Humas FKIK)