FKIK UIN MALANG “Welcoming”, Ajak Siswa – Siswi SMA/Sederajat Bergabung di Kampus Ulul Albab

Dalam rangka dies maulidiyah FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim yang ke – 5, serangkaian acara akan dilaksanakan dan diawali dengan kegiatan Open House Welcoming pada hari jumat (26/03/2021) bertempat di Gedung Ibnu Thufail Kampus 3 FKIK UIN Malang. Mengawali kegiatan Lustrum dengan kegiatan open house bertujuan untuk memberikan informasi seputar perkuliahan di FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim untuk siswa-siswi dan Bapak/Ibu Guru BK di seluruh SMA/MA/Sederajat di Indonesia. Telah disebarkan sejumlah 100 undangan virtual kepada SMA/MA/Sederajat diseluruh penjuru indonesia. Kegiatan dilaksanakan pukul 13.00 WIB dibuka dengan pembacaan ayat suci Al – Qur’an Feni Purnama Anjelika juara 1 Qiroah Ligamentum 2021 dan dilanjutkan dengan keynote speaker oleh dekan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P.W, M.Kes, Sp. Rad (K). “Kegiatan ini adalah pembukaan untuk serangkaian acara dies maulidiyah dan lustrum”. Prof Yuyun  juga menyampaikan sekilas mengenai sejarah FKIK, prestasi dosen dan mahasiswa, sarana prasarana, media pembelajaran daring,

(Keynote Speaker : Dekan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Acara dilanjutkan dengan talkshow yang dibagi menjadi tiga sesi, dimana sesi pertama disampaikan oleh jajaran wakil dekan FKIK UIN Maliki Malang. “Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh untuk masuk ke FKIK UIN Malang, ada SNMPTN yang menggunakan jalur raport, SBMPTN, dan ujian mandiri yang dibagi dua menjadi yakni ujian mandiri tulis dan ujian mandiri prestasi” disampaikan oleh Prof. Dr. Apt. Roihatul Muti’ah, S. F., M. Kes selaku wakil dekan bagian kurikulum. Ada jalur menarik lainnya yakni jalur mandiri beasiswa teladan yang mana calon mahasiswa akan mendapata fasilitas 0 rupiah UKT dengan syarat sebagai tahfidz Al – Qur’an 30 juz. Prof. Iha juga menyampaikan kelebihan dari FKIK UIN Malang yakni pembinaan akhlak di mahad selama satu tahun dan program kedokteran haji. Dilanjutkan pemaparan oleh wakil dekan  bagian umum dan keuangan bapak Ach Nasichuddin M.A mengenai penggolongan UKT di FKIK UIN Malang. “Terdapat 7 golongan UKT di FKIK UIN Malang  yang penentuannya berdasarkan data penghasilan orang tua, tanggungan, dan jumlah keluarga. Untuk PSPD dimulai dari 400.000 – 26.000.000 dan farmasi dimulai 400.000 – 9.000.000”. Sesi pertama diakhiri dengan penyampaian bapak wakil dekan bidang kemahasiswaan FKIK UIN Malang, disampaikan fasilitas bagi semua organisasi, prestasi mahasiswa di organisasi internal maupun eksternal, dan bagaiaman fakultas memberikan fasilistas terhadap seluruh mahasiswa yang ingin mengikuti perlombaan dengan difasilitasi dosen pendamping hingga fasilitas pendanaan.  Setelah disampaikan materi talkshow oleh jajaran wakil dekan, dilanjutkan kegiatan tanya jawab dimana banyak sekali peserta yang antusias untuk bertanya.

(Talkshow 1 : Pemaparan oleh jajaran wakil dekan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Sebelum dilanjutkan talkshow sesi ke-2, ditampilkan video tour dan foto model pembelajaran program studi farmasi dan sekilas mengenai sistem pembelajaran di farmasi. Setelah video selesai, dilanjutkan dengan talkshow bersama kepala program studi farmasi, pendidikan dokter, dan profesi dokter. “Sistem pembelajaran di farmasi menggunakan sistem blok, jadi tidak menggunakan kurikulum konvensional, diterapkan sistem blok dengan tujuan meningkatkan skill mahasiswa, terdapat model pembelajaran TBL, perkuliahan dan praktikum” diterangkan oleh bapak hakim selaku ketua program studi farmasi. “Lulusan dokter ulul albab kompeten, profesional dan berakhlakul karimah, bisa bekerja menjadi dokter di RS, di klinik, berkecimpung dalam manajerial seperti BPJS, dan lembaga – lembaga pemerintah yang lain” disampaikan oleh dokter ana, selaku ketua program studi pendidikan dokter. Pada SNMPTN tahun 2021, semua jurusan yang ada di FKIK UIN Malang menjadi program studi favorit dengan peminat terbanyak “1 : 50 sangat tinggi persaingannya, seleksinya sangat ketat, bener benar akan tersaing calon mahasiswa yang berkualitas, tingkatkan kompetensi dan minat bakat supaya betul betul sesuai”  disampaikan oleh dokter ana. Salah satu program unggulan lainnya dari FKIK UIN Malang adalah interprofesional education dimana mahasiswa dididik untuk mampu berkolaborasi sesama program studi kesehatan. “Mahasiswa profesi dokter atau coass atau dokter muda sebenarnya adalah lulusan sarjana kedoktean yang masuk profesi atau kepanitraan klinik dimana pemebelajarannya menggunakan kurikulum berbasis pelayanan kesehatan di rumah sakit pendidikan, puskesmas dan pelayanan kesehatan lainnya” disampaikan oleh dokter malik selaku ketua program studi profesi dokter. Dilanjutkan dengan tanya jawab peserta yang sangat antusias terhadap kurikulum perkuliahan blok di FKIK UIN Malang.

(talkshow 2 : Jajaran Kepala Program Studi Farmasi, Pendidikan Dokter, dan Profesi Dokter)

Sesi ketiga adalah sesi yang sangat dinanti oleh peserta karena bercerita secara langsung bersama para alumni baik dari program studi pendidikan dokter atau farmasi. Alumni program studi pendidikan dokter Rislan Faiz Muhammad, S.Ked yang mengikuti Fast track S2 di Universitas Brawijaya, alumni dari farmasi Mala Milyatna, S.Farm yang semasa menempuh kuliah di program studi farmasi pernah mengikuti student exchange di Mesir, dan alumni yang ketiga yakni Ahmed Hasan Abkar yang merupakan mahasiswa luar negeri program studi farmasi dari Yaman. Para alumni menyampaikan kesan – kesan selama mengikuti perkuliahan di FKIK UIN Malang.

(Talkshow 3 : bersama jajaran alumni dari program studi farmasi dan pendidikan dokter secara daring melalui zoom)

Open House FKIK UIN Malang tahun ini banyak menerima antusiasme positif dari peserta. Tercatat banyak peserta yang hadir tersebar dari seluruh indonesia dimulai dari kota – kota di pulau jawa, palembang, bali, lampung, bahkan peserta tersebar sampai Sekolah Indonesia Makkah.

(Kontributor: Yuan Tamara, Editor: Alif FF – Humas FKIK)