Melangkah Ke Depan, FKIK UIN Malang Tetapkan Visi Misi Tujuan Strategi 2021-2025

Hari ini, Senin (8/2/2021) menjadi peristiwa penting bagi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (FKIK UIN Malang). Pasalnya mulai pukul 08.30 pagi hingga 11.30 WIB siang tadi telah diluncurkan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) FKIK UIN Malang untuk periode 2021-2025. Acara sosialisasi VMTS FKIK UIN Malang tersebut sekurang-kurangnya dihadiri oleh 90 peserta, baik secara daring melalui aplikasi Zoom (70 peserta) maupun luring (20 peserta) di Aula Serbaguna Lt. 1 Gedung Ibnu Thufail FKIK UIN Malang.

Acara dibuka dengan pembacaan tilawah, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, serta Hymne dan Mars FKIK UIN Malang. Dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P.W., M.Kes., Sp.Rad (K) selaku Dekan FKIK. Melalui sambutannya, Prof Yuyun mengucapkan terimakasih kepada para stakeholder yang hadir dalam acara Sosialisasi VMTS FKIK atas segenap peran dan usaha yang telah diberikan demi kemajuan FKIK UIN Malang. Acara inti dikemas dalam bentuk Forum Group Discussion yang dipimpin oleh dr. Abdul Malik Setiawan, M.Infect.Dis. dan dimulai dengan pemaparan Draft Visi, Misi, Tujuan dan Strategi FKIK tahun 2021-2025 oleh Prof. Dr. Apt. Roihatul Muti’ah, M.Kes selaku Wakil Dekan I FKIK.

Dalam jangka waktu 5 tahun kedepan, FKIK UIN Malang berupaya untuk mewujudkan visi utama yakni menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan integratif dalam memadukan sains dan Islam yang bereputasi Internasional. Dalam mencapai visi tersebut, FKIK UIN Malang menjabarkannya dalam bentuk 5 misi, yakni yang pertama adalah menyelenggarakan pendidikan integratif dan bereputasi internasional di bidang kedokteran dan kesehatan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional. Misi yang kedua yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian integratif di bidang kedokteran dan kesehatan yang bereputasi internasional. Misi yang ketiga yaitu berpartisipasi aktif dalam pembangunan kesehatan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat integratif di bidang kedokteran dan kesehatan. Misi yang keempat yaitu menyelenggarakan tatakelola Fakultas berbasis good governance. Misi yang terakhir yaitu mengembangkan kesehatan haji sebagai keunggulan Fakultas dalam Tridharma Perguruan Tinggi.

Suasana Sosialisasi Visi Misi Tujuan Strategi di Gedung Ibnu Thufail FKIK UIN Malang
Peserta Sosialisasi Visi Misi Tujuan Strategi FKIK UIN Malang yang hadir secara daring

Acara sosialisasi VMTS FKIK UIN Malang berjalan dengan sukses, dilihat dari antusiasme para stakeholder mulai dari perwakilan Kementrian Agama Kota Batu, Direktur Rumah Sakit, Dinas Kesehatan Kota Batu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Ikatan Orangtua Mahasiswa, sampai dengan perwakilan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) memberikan kesan, tanggapan, serta masukan yang sangat berharga bagi penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di FKIK UIN Malang. Di akhir acara Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. Abdul Malik Karim Amrullah, M.PdI. atau yang akrab disapa ‘Pak Amka’, memuji penyelenggaraan acara Sosialisasi VMTS FKIK ini sekaligus berpesan bahwasannya visi dan misi yang telah disusun hendaknya senantiasa digaungkan kapanpun dan dimanapun ada kesempatan. Hal tersebut penting demi terciptanya keselarasan tujuan segenap unsur yang ada dalam civitas akademika FKIK UIN Malang.

(Kontributor: Novia Maulina; Editor: Alif FF – Humas FKIK)